image

Penilaian lomba posyandu tingkat Jateng di Posyandu Margo Makmur I, Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken, Blora. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

14 September 2017 | 21:45 WIB | Suara Muria

Posyandu Desa Jiworejo Masuk Nominasi Terbaik Se-Jateng

BLORA, suaramerdeka.com- Tim penilaian lomba Posyandu tingkat Jateng datang ke Blora, Kamis (14/9). Tim yang diketuai Agus Suranta dengan anggota Endang Urip Sihabudin, Yuliana, Sapto Yunarto dan Bu Lutfi itu melakukan penilaian terhadap Posyandu Margo Makmur I, Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken.

Posyandu Margo Makmur I merupakan posyandu peraih juara pertama lomba posyandu tingkat Blora 2017. Atas prestasinya tersebut, Posyandu Margo Makmur I berhak mewakili Blora di tingkat Jateng. Dari 35 Kabupaten/Kota se Jateng, ternyata wakil Blora ini mampu bersaing dan masuk nominasi tiga besar Pelaksana Posyandu Terbaik 2017. Menindaklanjuti hal tersebut, tim penilai dari Jateng melaksanakan tinjauan langsung ke Desa Jiworejo untuk melaksanakan penilaian dan wawancara kepada kader posyandu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Blora, Hj Umi Kulsum Djoko Nugroho, beserta segenap pengurus PKK Kabupaten Blora, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Gunadi, Kepala Dindukcapil, Riyanto, serta beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Ketua Tim Penggerak PKK Blora, Hj Umi Kulsum Djoko Nugroho, dalam sambutan selamat datang berharap posyandu wakil Kabupaten Blora bisa menang di tingkat Jawa Tengah.

"Jumlah posyandu di Blora sebanyak 1.289 posyandu yang tersebar di 16 Kecamatan. Dan Posyandu Margo Makmur I Desa Jiworejo ini adalah salah satu yang terbaik. Kami berharap nanti bisa menang di tingkat Jawa Tengah," ujarnya.

Ketua Tim Penilai Pelaksana Posyandu Terbaik Tingkat Jawa Tengah 2017, Agus Suranta, juga berharap Posyandu Margo Makmur I bisa menang dan mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional. Pasalnya berdasarkan data administrasi yang dikirimkan ke provinsi, Posyandu di Desa Jiworejo ini memiliki profil cukup bagus.

"Berdasarkan data tersebut, Posyandu Margo Makmur 1 Desa Jiworejo ini memenuhi kriteria dan berhasil menjadi nominasi tiga besar.
Oleh karena itu untuk membuktikan data tersebut, kami datang ke sini untuk melihat langsung aktifitas di Posyandu Margo Makmur I. Apakah kenyataan di lapangan sama dengan data yang dilaporkan," kata Agus Suranta.

Menurut Agus Surata ada 3 kriteria utama yang dinilai, yakni kesehatan, KB dan pemberdayaan masyarakat. Ketiganya dijabarkan lagi menjadi 34 point penilaian.

"Tujuan dari lomba Posyandu ini tidak hanya untuk mencari pemenang, namun yang utama adalah pembinaan agar bisa menghasilkan kader
yang lebih aktif, peserta KB aktif dan meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat. Hasilnya nanti secepatnya akan kami sampaikan. Semoga saja setelah direkap nanti nilainya lebih unggul dari daerah lainnya," jelasnya.

Posyandu Margo Makmur I Desa Jiworejo masuk ke tiga besar di Jateng bersama dengan Kabupaten Magelang dan Kota Pekalongan.

(Abdul Muiz /SMNetwork /CN40 )