image

TAMPILAN BARU: Tampilan baru GOR Samapta Kota Magelang usai direnovasi dengan nilai proyek Rp 2,8 miliar dan tahun 2018 siap digunakan. (Foto: suaramerdeka.com/Asef Amani)

18 Desember 2017 | 16:12 WIB | Suara Kedu

GOR Samapta Siap Digunakan

MAGELANG, suaramerdeka.com– Proyek renovasi Gelanggang Olahraga (GOR) Samapta Kota Magelang resmi telah selesai jelang tutup tahun 2017. Pelaksana proyek pun sudah menyerahkannya ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) pada Jumat (15/12) lalu.

Selesainya proyek senilai Rp 2,8 M ini menandai wajah baru GOR di area sport center Sanden, Kelurahan Kramat Selatan ini. GOR tampil lebih segar dengan atap melengkung, lapangan disemen, tempat duduk penonton dicat warna-warni, pagar depan, gerbang, gapura, dan pos keamanan.

Di dalam GOR berdiri lapangan yang berfungsi untuk tiga jenis olahraga sekaligus beserta peralatannya, yakni bulu tangkis, bola basket, dan bola voli. Di barisan tempat duduk penonton sisi selatan terselip fasilitas menonton untuk kaum difabel.

“Ruang operator juga termasuk direnovasi menjadi lebih baik dan kita pasang papan skor digital. Untuk pembatas tempat duduk penonton dan lapangan, kami pasang pagar stainless steel,” ujar Kabid Cipta Karya DPU-PR Kota Magelang, Puji Hartono di sela meninjau lapangan, Senin (18/12).

Puji menuturkan, lapangan di dalam GOR memang terpasang garis untuk tiga jenis olahraga. Tapi, lapangan ini bisa juga untuk olahraga jenis lain, terutama beladiri, seperti karate, pencak silat, taekwondo, olahraga tinju, dan lainnya.

 “Kalau untuk futsal tidak kami buatkan garisnya, karena rencana ada lapangan tersendiri di kawasan Lembah Tidar. Untuk olahraga lain yang memungkinkan dapat digelar di sini bisa saja,” katanya yang memastikan lapangan tidak akan lagi terkena bocor.

 Untuk pertandingan malam hari, katanya sangat memungkinkan, karena sudah terpasang lampu penerang lapangan yang cukup banyak di atap. Sound system pun terpasang, sehingga penyelenggara pertandingan bisa memakainya untuk pengeras suara.

“Di area luar GOR pun bisa digunakan untuk olahraga, seperti sepatu roda, skateboard, dan lainnya, karena sudah diaspal halus. Kalau sepeda mungkin belum bisa, karena ada spesifikasinya sendiri,” jelasnya.

Terkait pemakaian, Puji mengaku, belum diketahui akan dapat dipakai kapan. Dimungkinkan masyarakat bisa memakainya awal tahun depan setelah ada peresmian. Namun demikian, ia berharap GOR ini bisa segera difungsikan untuk masyarakat.

“Untuk peresmian kami serahkan ke bagian pembangunan. Tugas kami selesai di sini sambil nanti tetap memantau pemeliharannya oleh pelaksana proyek selama 180 hari ke depan,” terangnya.

(Asef Amani /SMNetwork /CN41 )