image

Foto Republika

18 Desember 2017 | 10:40 WIB | Suara Kedu

Lereng Merapi Menyanyi Ramaikan Libur Natal

SLEMAN, suaramerdeka.com- Mengawali rangkaian libur Natal dan tahun baru, Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman menggelar agenda festival bertajuk Lereng Merapi Menyanyi dan Menari. Penampilan kreasi seni budaya ini dihelat selama dua hari pada Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12) mendatang di Tlogoputri, dan Lapangan Panti Asih Hargobinangun Pakem, serta Balai Desa Kepuharjo Cangkringan.

Untuk jadwal pentas di Tlogoputri akan dimeriahkan oleh 14 grup jathilan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sleman. Mereka tampil selama 24 jam non stop mulai pukul 08.00. Selanjutnya panggung di Lapangan Jati Asih bakal menampilkan 17 grup kesenian warga Desa Hargobinangun yang meliputi pentas musik angklung, band akustik, dan tari-tarian.

"Jadwal pementasan di Balai Desa Kepuharjo juga akan diisi atraksi tarian, dan band," terang Kepala Dispar Sleman Sudarningsih, Senin (18/12).

Untuk  lebih menyemarakkan acara, dinas juga mengadakan lomba fotografi dengan tema seputar kegiatan Festival Merapi 2017. Perlombaan ini merebutkan hadiah senilai total Rp 4,5 juta. Momen liburan di lereng Merapi kali ini akan semakin meriah dengan diselenggarakannya Festival Lampion dan Penjor. 
Mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 7 Januari 2018, sepanjang jalan dari pintu masuk retribusi Kaliurang akan dipasang bermacam lampion dan penjor.

"Tema yang diangkat adalah flora dan fauna lereng Merapi. Kreativitas warga dari 22 pedukuhan Desa Hargobinangun akan dipajang dan dinilai oleh dewan juri," imbuh Ning.

Dari festival lampion dan penjor itu akan ditetapkan 6 pemenang untuk masing-masing kategori, yang berhak membawa pulang hadiah senilai total Rp 26 juta.

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN19 )