image

Foto: Rudy Dewanto

14 November 2017 | 19:03 WIB | Kronik

Kota-kota Kuna di Jawa

TOME PIRES, dalam pelayarannya dari Laut Merah menuju Jepang, dan ketika ia tengah berada di Malaka dan India pada tahun 1511-1515, menuliskan pembedaan daerah-daerah di Jawa menurut kelompok-kelompok the land, the town, the city, dan the great city, yang kesemuanya ia tuangkan dalam Suma Oriental.

The lands di Jawa meliputi dan berurutan dari Barat ke Timur yaitu:

- Cherimon/Chereboam/Choroboam atau Cirebon 

- Japura

- Locarj (Losari)

- Teteguall (Tegal)

- Camaram (Semarang)

- Tidumar/Tidana (Tidunan)

- Japara (Jepara)

- Ramee (Rembang)

- Curubaya (Surabaya)

- Gamda

- Pajarucam (Pajarakan)

- Camta/Cantjam

- Panarunca (Panarukan)

- Chamdy/Chandy/Chande

- Balambuam/Bulambaum atau Blambangan

The towns di Jawa meliputi (berurutan dari Barat ke Timur):

- Bantam (Banten)

- Pomdam (Pontang)

- Chegujde

- Tamgaram

- Calapa (Sunda Kelapa)

- Chemanu/Chi Manuk (Cimanuk)

- Tobam (Tuban)

- Cedayo/Sidayu (Sedayu)

- Agacij/Grisee (Gresik)

The city diperuntukkan Demaa atau Demak yang mewadahi 8.000-10.000 hunian. Jumlah penduduk di Demak sekitar 24.000-50.000 orang apabila rata-rata setiap keluarga terdiri atas tiga orang, atau sekitar 40.000-50.000 orang apabila rata-rata setiap keluarga terdiri dari lima orang. Sedangkan the great city diperuntukkan Daya/Dayo/Daio atau Kediri sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit setelah pindah dari Trowulan.

Selain Tome Pires, De Graaf dan Pigeaud dalam bukunya De Eerste Moslimse Vorstendommen op Java menyebutkan bahwa terdapat kota-kota penting di Jawa abad 15-16 di antaranya kota keraton Demak Bintoro, kota kadipaten Bojonagara/Jipang, kota kadipaten Kalinyamat, kota kadipaten Prawata dan juga kota Al-Quds atau Kudus.

Kota Kuna di Nusantara Masa Mataram Islam

Olthof dalam Babad Tanah Jawi menyatakan bahwa Kuta atau Kotagede dibangun Panembahan Senapati menjadi kota keraton sebagai tempat kedudukan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram. Sultan Agung dalam pemerintahan selanjutnya juga membangun kota keraton Karta mulai tahun 1617 (abad 17).

Kota-kota Plered dibangun Sunan Amangkurat I yang memerintah tahun 1647-1677. Kota keraton Wanakarta atau Kartasura dibangun Sunan Amangkurat II pada 1680. Kota keraton Sala atau Surakarta dibangun Sunan Paku Buwana II mulai tahun 1744 (abad 18), sementara kota keraton Yogyakarta dibangun Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengku Buwana I pada tahun 1755.

Veth yang mendasarkan pemetaaan wilayah Kerajaan Mataram menurut pendeskripsian Louw Roulfaer dan De Jonge menggambarkan bahwa kerajaan Mataram yang beralih ke Gouvern Java Noord-Oost Kust pada tahun 1760 meliputi daerah Pesisir mencakup kota-kota kabupaten juga Wiradesa, Kaliwungu, dan Juwana.

Daerah Pesisir dibagi menjadi Pasisir Wetan dan Pasisir Kilen. Pasisir Wetan meliputi Demak, Jepara, Kudus, Pati, Juwana, Rembang, Lasem, Tuban, Sedayu, Gresik, Lamongan, Surabaya, Pasuruan, Bangil, Probolinggo, daerah Cenngkalsewu, Tengger dan Madura. Sementara Pasisir Kilen meliputi Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Wiiradesa, Batang, Kendal, Kaliwungu, dan Lembahrawa.

Sebagian kota kuno tersebut juga telah tidak dikenali lagi karena berganti nama, wilayahnya mengecil, ataupun musnah. Untuk wilayah Semarang, kedudukan penguasa Semarang (Adipati Semarang) menjadi berada di bawah gezaghebber VOC di Semarang. Hal ini terjadi seusai peristiwa Geger Pacina.

REFERENSI SEJARAH

Raffles,Thomas Stamford. 2008. The History of Java. Alih Bahasa: Eko Prasetyaningrum, et.al. Yogyakarta: Penerbit Narasi.

Ricklefs, M.C. 2001. Sejarah Indonesia Baru 1200-2004. Jakarta: Serambi.

Roesmanto, Totok. 2011. Makalah Kesejarahan Kota: Perkembangan Kota dalam Perspektif Sejarah dalam Seminar Perkembangan Kota Dalam Perspektif Sejarah di Universitas Diponegoro Semarang tahun 2011.

Soekiman, Djoko. 1996. Kebudayaan Indis dan Gaya Hidup Masyarakat Pendukungnya di Jawa (Abad XVIII Sampai Medio Abad XX). Yogyakarta.

Vlekke, Bernard H.M. 2010. Nusantara Sejarah Indonesia. Jakarta: Gramedia.

(Fadhil Nugroho Adi /SMNetwork /CN41 )