image

Foto: istimewa

16 November 2017 | 14:45 WIB | Medis

Tren Penyakit Diabetes Terus Meningkat

BANDUNG, suaramerdeka.com -Jumlah penderita diabetes di Indonesia terus menunjukan tren peningkatan. Pola hidup sehat diharapkan mulai menjadi fokus perhatian masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya.

Di Kota Bandung misalnya, kasus diabetes terus menaik setiap tahunnya. Pada 2012, kasusnya mencapai 21.400 kejadian. Setahun berikutnya, kejadiannya semakin bertambah menjadi 33.600 kasus.

Menurut Kadinkes Kota Bandung, Rita Verita pada program edukasi "Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes" bagi 100 dokter umum Puskesmas yang digelar Nutrifood di Bandung, Kamis (16/11), perubahan pola tersebut terjadi sejak 2010.

"Polanya bergeser, jadi yang tinggi itu penyakit tidak menular macam diabetes, yang menular seperti ISPA dan DB sudah berkurang," katanya.

Tak hanya itu, penderita diabetes juga tak lagi mengenal umur. Anak belasan tahun bisa mengidapnya. Rita Verita pun menyarankan agar masyarakat mulai memperbaiki pola hidup kesehariannya terutama pola makan dan aktivitas fisik yang kurang.

"Dulu diabetes lebih sering dicap sebagai penyakit orang tua, tapi sekarang tampaknya tidak lagi, apalagi dengan angka pravalensi yang terus meningkat," imbuh Head of Nutrifood Research Center, Susana.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya berharap semua pihak termasuk masyarakat mampu bersikap proaktif untuk sama-sama meningkatkan kualitas kesehatannya termasuk dalam merespon tren penyakit diabetes.

"Untuk prediabetes masih bisa dicegah, tapi kalau sudah terkena diabetes sudah tak bisa, bahkan bisa menimbulkan komplikasi, bisa kena ginjal, jantung, sehingga produktivitas pasti turun, jadi deteksi dini perlu dilakukan," katanya.

(Setiady Dwi /SMNetwork /CN33 )