image

Foto: istimewa

09 November 2017 | 15:05 WIB | Medis

Kalangan Remaja Diajak Peduli Kesehatan

REMAJAmerupakan generasi penerus bangsa. Karena itu, sejak dini perlu dibina mengenai kesehatan setidaknya yang berhubungan dengan dirinya sendiri.

Dalam rangka mengoptimalkan kesehatan remaja, Pemkab Sleman telah melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah screening anemia terutama bagi remaja putri.

"Sering kali terjadi remaja putri kekurangan zat besi karena melakukan diet yang salah. Padahal mereka masih dalam masa pertumbuhan, dan mengalami menstruasi aktif," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dalam acara seminar internasional kesehatan di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, baru-baru ini.

Untuk memperbaiki keadaan itu, Pemkab Sleman telah melaksanakan program pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, serta penyuluhan dan edukasi di sekolah tentang bahaya anemia. Upaya lainnya adalah melalui pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR). Saat ini, seluruh puskesmas di Kabupaten Sleman telah menyelenggarakan layanan tersebut.

"Lewat kegiatan PKPR, remaja bisa berkonsultasi dengan psikolog, dan memperoleh edukasi tentang kesehatan reproduksi," kata wakil bupati yang juga aktif bergerak di bidang kesehatan ini.

 Kegiatan lain di PKPR adalah screening kesehatan yang meliputi berat badan, tinggi badan, status gizi, TB, pemeriksaan anemia, serta penyuluhan bahaya rokok dan napza. Disamping itu, bersama dengan remaja, Pemkab Sleman juga mengadakan jambore kesehatan reproduksi yang diikuti oleh siswa SMP dan SMA perwakilan dari masing-masing wilayah puskesmas.

Kegiatan dalam jambore ini antara lain lomba cerdas cermat tentang kesehatan reproduksi, lomba pidato, penyuluhan, dan permainan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan.

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN33 )