image

Foto: istimewa

25 Oktober 2017 | 15:43 WIB | Ibu dan Anak

Kecukupan Asam Folat pada Ibu Hamil Cegah Anak Lahir Autis

KECUKUPANasam folat pada awal kehamilan akan mengurangi risiko janin yang dikandung lahir autis. Demikian hasil penelitian ahli epidemiologi dari Medical Investigations of Neurodevelopment Disorders (MIND), University of California, AS belum lama ini.

"Mengkonsumsi asam folat dosis tinggi, mengurangi separuh risiko anak-anaknya terkena autisme dibandingkan dengan perempuan hamil yang mengkonsumsi vitamin tersebut dalam dosis rendah," kata Rebecca Schmidt, penulis utama kajian tersebut pada VOA.

"Jika ada kemungkinan Anda bisa hamil, (kami sarankan, red) minum asam folat dan cobalah untuk menghindari pestisida yang tidak perlu," kata Schmidt.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat memperkirakan, satu dari setiap 68 anak di Amerika didiagnosis menderita gangguan spektrum autisme. Spektrum autisme yakni disabilitas tumbuh kembang yang ditandai dengan kesulitan melakukan kegiatan sosial, berkomunikasi dan berperilaku.

Penelitian sebelumnya menemukan ada hubungan antara paparan pestisida, termasuk dari konsumsi sayur dan buah, dengan gangguan spektrum autisme (ASD) pada ibu hamil.

Untuk menguji temuan tersebut, Schmidt dan tim meneliti 296 anak yang didiagnosis dengan autisme dan 220 yang berkembang secara tipikal. Semua berusia antara 2 dan 5 tahun yang lahir di California dari tahun 2000 sampai 2007.

Dalam kajian ini, peneliti mewawancarai ibu anak-anak tersebut tentang asupan asam folat mereka serta paparan mereka selama kehamilan terhadap pestisida rumah tangga, termasuk produk pembasmi kutu dan kutu hewan peliharaan, pengendalian hama atau pemusnahan profesional, dan penyemprotan di dalam maupun di luar ruangan dan bahan kimia untuk membunuh serangga.

Peneliti juga menghubungkan data dari laporan penggunaan pestisida negara tempat tinggal sang ibu untuk mengetahui paparan semprotan pertanian.

Hasilnya ditemukan bahwa perempuan dengan asupan asam folat di bawah rata-rata dan paparan terhadap pestisida dalam ruangan memiliki 2,5 kali risiko memiliki anak autis dibandingkan dengan ibu yang tidak terpapar dan mengkonsumsi setidaknya 800 mikrogram asam folat, jumlah vitamin yang dikonsumsi sebelum kelahiran.

"Ibu yang terpapar pestisida secara teratur selama tiga bulan sebelum dan sesudah pembuahan berisiko tertinggi memiliki anak dengan ASD," kata Schmidt.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asam folat dapat mengurangi, meski tidak menghilangkan, risiko terkena autisme akibat paparan pestisida terhadap ibu hamil. Asam folat, atau vitamin B-9, terkandung dalam sayuran berdaun hijau dan serealia.

(VOA /CN33 )