image

Foto: Vemale

03 Oktober 2017 | 19:06 WIB | Herbal

Meredakan Asma dengan Bahan-bahan Alami

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan. Asma ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas sehingga menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini. Biasanya, asma akan kambuh saat penderita terpapar asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan zat kimia.

Untuk meredakan asma, selain obat dari dokter, pengobatan secara tradisional juga dapat dilakukan. Berikut ini adalah beberapa contoh obat asma tradisional yang bisa Anda coba.

Madu
Madu sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernapasan. Cara pengobatannya, campurkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat untuk kemudian diminum.

Anda juga bisa menambahkan 1/4 sdt bubuk kunyit atau 1/2 sdt bubuk kayu manis. Jika tidak ada bubuk kunyit, bisa dengan kunyit yang telah dicuci, lalu dipotong-potong lalu dimasukkan ke dalam campuran madu, atau kunyit yang ditumbuk halus kemudian dicampurkan. Anda juga bisa menambahkan 1 sdt tumbukan bawang putih.

Jahe
Untuk membantu mengatasi peradangan pada saluran nafas bawah, jahe dapat ditambahkan ke dalam campuran madu, madu + jahe. Madu merupakan kombinasi yang tepat untuk jahe. Saat jahe menghentikan bertambahnya lendir dalam saluran dengan mengatasi peradangannya, madu akan mengencerkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan.

Penggunaan jahe dapat dengan ditumbuk dulu hingga halus, atau dengan dipotong-potong saja, baru kemudian dicampurkan ke dalam campuran madu.

Bunga Kenanga Kering
Bunga kenanga dipercaya bisa menjadi salah satu obat asma alami. Cara membuatnya, sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat. Barulah setelah airnya agak dingin, minum airnya sekaligus. Untuk menyembuhkan asma, cobalah minum ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

Pegagan
Daun pegagan terbukti efektif dapat meredakan beberapa macam penyakit, tak terkecuali asma. Cara meramunya, rebus daun pegagan kemudian minum air rebusan tersebut. 

Kunyit
Kunyit memiliki senyawa aktif diarylhepanoids, termasuk kurkumin berwarna kuning jingga yang terdapat dalam rimpang kunyit. Penelitian di India menyebutkan, 60% penderita asma yang diberikan serbuk kunyit 6-12 gr secara rutin, menunjukkan perbaikan dan pemulihan terhadap penyakit asma. 

Cara membuatnya, Anda bisa mneggunakan serbuk kunyit atau kunyit segar tumbuk kemudian rebus hingga mendidih. Setelah dingin kemudian disaring, lalu minum selagi hangat. Dianjurkan secara rutin mengonsumsi kunyit hingga asma Anda berkurang.

Temulawak
Temulawak atau Kurkumin memiliki zat anti-inflamasi yang sangat kuat dan baik untuk mengobati Asma akut atau kronis. Temulawak juga diyakini mampu Mengatasi peradangan. Dalam beberapa Penelitian, Temulawak menunjukkan kemanjuran yang sama dengan kortison dan fenilbutazon. 

Untuk mengobati asma, temulawak dapat ditumbuk ,cincang atau parut kemudian direbus hingga mendidih. Setelah itu saring airnya kemudian minum selagi hangat.

(Berbagai sumber /SMNetwork /CN41 )

KESEHATAN TERKINI