image

BERI PENJELASAN: Bidan, Yesie Aprillia memberikan penjelasan mengenai proses persalinan yang positif di RS Mardi Rahayu Kudus. (suaramerdeka.com/ Ruli Aditio)

26 Agustus 2014 | 15:27 WIB | Ibu dan Anak

Hindari Rasa Sakit saat Persalinan dengan Hypnobirthing

SEBAGIAN besar alasan yang mempengaruhi wanita takut bersalin adalah karena mereka tidak tahu bagaimana proses persalinan tersebut berlangsung. Oleh karena itu pentingnya pendidikan tentang persalinan yang merupakan kunci.

Hal tersebut disampaikan oleh bidan sekaligus owner bidankita.com, Yesie Aprillia saat menjadi narasumber acara Holistic Care Mom and Baby di RS Mardi Rahayu Kudus.

Dia menyampaikan, salah satunya aplikasi yang dapat diterapkan untuk menghindari rasa sakit dalam proses persalinan yaitu hypnobirthing.

Namun terlebih dulu bagi ibu yang akan melahirkan harus bisa merubah mindset dan tentunya harus menyiapkan diri.

"Caranya adalah memahami bagaimana proses persalinan, kemudian kenali bawah sadar, serta hapus sugesti negatif sampai ke akarnya," katanya yang juga penulis buku Art of The Waterbirth itu.

Dia juga menyampaikan rahasia mencapai proses persalinan yang nyaman dan bebas rasa sakit. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi ibu yang akan mempersiapkan proses persalinan.

"Diantaranya adalah keberanian, kepercayaan, relaksasi, cinta, fokus serta persiapan dan bebas rasa takut," ujarnya.

Setiap kelahiran adalah peristiwa yang unik dan transformosional, karena ada unsur siap fisik mental dan sipritual, ungkapnya. "Namun tanamkan dibenak Anda rasa percaya bahwa tubuh wanita diciptakan untuk melahirkan anak," terangnya.

Oleh karena itu dia menekankan pentingnya upaya alami menanamkan sugesti untuk menghadapi persalinan dengan tenang sadar dan tanpa rasa sakit.

"Keuntungan hypnobirthing bagi ibu adalah tentunya mengurangi rasa sakit, tidak memiliki efek samping dan ibu merasa nyaman serta rileks saat persalinan. Sedangkan bagi bayi yaitu bayi akan tenang, pertumbuhan janin sehat serta bayi pintar dan cerdas," ungkapnya.

Di sisi lain hypnobirthing juga memberikan keuntungan bagi bidan atau dokter yang menangani persalinan, yaitu akan lebih fokus melakukan pekerjaannya karena ibu melahirkan dalam kondisi tenang.

"Selanjutnya meminimalkan komplikasi dan yang jelas prosesnya lebih mudah dan tenang," tandasnya.

(Ruli Aditio /SMNetwork /CN33 )