image

BERDIALOG : Presiden Joko Widodo berdiskusi sambil menikmati menu makanan siang di RM Bale Raos Jalan Lingkar Selatan Pulutan Salatiga, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com / Surya Yuli)

05 Oktober 2017 | 05:42 WIB | Kuliner

Tumpang Koyor Presiden Booming

  • RM Bale Raos Penuhi Standar Higienis

DAMPAKpositif kedatangan Presiden Joko Widodo, dua pekan lalu masih dirasakan oleh sejumlah warga Kota Salatiga. Salah satunya dialami Sri Mulyono dan Gati Setiti, pemilik Bale Raos Resto (RM Bale Raos), di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Pulutan, Salatiga. Rumah makan itu dijadikan tempat santap siang rombongan presiden, saat kunjungan kerja di empat tempat, termasuk peresmian Jalan Tol Bawen-Salatiga.

Menu andalan yang disuguhkan dan menjadi pilihan Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo, yakni tumpang koyor, bisa menjadibooming(terkenal) hingga kini. Menurut Sri Mulyono, selama dua pekan ini RM Bale Raosfull booked(selalu mendapat pesanan). Tingkat kedatangan pengunjung dan pecinta kuliner naik rata-rata hingga 80 persen, dibandingkan hari-hari sebelumnya.

''Kami sampai kewalahan melayani konsumen dan warga yang penasaran dengan standar pelayanan presiden yang pernah kami suguhkan untuk Presiden Jokowi dan rombongan,'' ungkapnya.

Terutama permintaan tumpang koyor, yang kini di catatan menu ditawarkan dengan nama tumpang koyor presiden. Bahkan semua menu yang disuguhkan ditambahkan kata presiden, seperti tomyamseafood

presiden, ayamg goreng kampung presiden, dan gurame asem manis presiden. Sejumlah pejabat pun kerap memesan menu makanan tersebut.

Bahkan ada warga dari kota lain yang penasaran dengan menu tersebut dan minta dihidangkan seperti layanan Presiden Joko Widodo dan rombongan. ''Tentu saja kami layani agar konsumen tidak kecewa,'' ungkap Sri Mulyono.

Standar Hotel

Selain Joko Widodo dan istri, rombongan makan siang di RM Bale Raos termasuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan istri, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, serta para menteri dan staf kepresidenan. Sri Mulyono mengakui standar pelayanan presiden terutama terkait hiegienitas tempat, seperti dapur dan kelayanan makanan yang disajikan.

Semua makanan yang disajikan harus melewati proses pemeriksaan kelayakan untuk dikonsumsi Presiden Joko Widodo dan keluarga. Bila tidak memenuhi standar tersebut, maka tidak akan bisa disajikan. Standar higienitas dan kelayakan makanan masih menjadi penasaran warga. Bahkan konsumen yang datang ingin melihat
kondisi dapur dan pelayanan juru masak (chef) yang bekerja.

Mereka pun akhirnya terkagum, karena RM Bale Raos telah memenuhinya (berstandar hotel). Sri Mulyono menerangkan, rumah makan yang dikelolanya berstandar hotel berbintang lima, tetapi harga yang ditawarkan standar masyarakat umum.

(Surya Yuli P /SMNetwork /CN26 )