image

Asia Road Racing Championship: Pembalap Indonesia dari tim Yamaha Racing Indonesia, Galang Hendra (tengah) berhasil podium pertama dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di ajang Asia Road Racing Championship di Madras, India. Foto: YRI

28 September 2017 | 12:26 WIB | Otomotif

Pulang dari Portugal Galang Hendra Gasak Podium Tertinggi di India

JAKARTA, suaramerdeka.com- Pebalap muda Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama sukses meraih podium juara dalam race 2 kelas Asia Production 250 (AP250) gelaran Asia Road Racing Championship 2017 (ARRC 2017) di Sirkuit Madras, Chennai, India (24 September). Lagu Indonesia Raya berkumandang dan ini menjadi kebanggaan kita semua. Rider usia 18 tahun asal Yogyakarta yang membesut Yamaha YZF-R25 ini membuktikan janjinya untuk lebih baik di race 2 setelah finish ketiga di race pertama.

Demikian sebagai prestasi terbaik Galang Hendra dalam perjalanan ARRC 2017 yang sudah memasuki putaran kelima. Adapun yang finish kedua dan ketiga ialah petarung Jepang, Tomoyoshi Koyama dan Takehiro Yamamoto. Keberhasilan Galang ini tak lepas dari hasil berkelana di ajang Supersport 300 di ajang WSBK seminggu sebelumnya di Portugal.

"Saat race pertama, Alhamdulillah saya bisa posisi ke-3 dan race ke-2 saya bisa meraih yang lebih maksimal sebagai podium tertinggi. Pertama, saya ucapkan syukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan kelancaran pada race ini. Terimakaih kepada teknisi yang memberikan set-up motor yang sangat baik, juga kepada sponsor, keluarga dan penggemar di Indonesia yang memberikan doa dan dukungan kepada saya. Semoga saat final ARRC 2017 di Thailand nanti dapat memperoleh podium kembali," ujar Galang Hendra yang Minggu lalu (18 September) bertarung di balap Super Sport Dunia 300 (WSSP300) di Portimao, Portugal..

Galang Hendra saat ini ada di posisi ke-5 klasemen sementara AP250. Sehubungan jalannya race 2 kategori AP250 yang berlangsung 10 lap, Galang Hendra memimpin jalannya balapan sejak lap awal hingga bendera finish dikibarkan. Selain merebut juara AP250 di ARRC 2017 India, Galang Hendra juga mencatat waktu terbaik 1 menit 56,105 detik. Dalam hal ini, para teknisi Yamaha Racing Indonesia (YRI) cepat dan optimal dalam memberikan respon sehingga set-up perfoma R25 Galang Hendra dapat unggul dari para rivalnya.

Adapun rekan se-tim Galang Hendra, Rey Ratukore mengalami insiden di tikungan ke-10. Ban depannya sliding di awal lap. "Saat race 2, awalnya sangat baik. Namun memasuki lap ke-2, saya mengejar Anupab di cornering ke-10 dan terjadi high-side sehingga saya tidak bisa melanjutkan lomba. Race final nanti saya akan berusaha untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, "tutur Rey Ratukore yang finish kelima saat race pertama.

Hal yang sama juga dialami Wahyu Aji di kelas Underbone 150 cc (UB150). Wahyu Aji mengalami crash di lap ke-3 pada tikungan ke-7. Namun kondisi Wahyu Aji tidak mengalami cedera serius. "Untuk seri ini memang belum rejeki. Saya dan tim sudah melakukan hal yang terbaik. Saat race ke-2, saya ingin mencoba maju kedepan, namun saat  keluar tikungan ke-7, saya mengalami high-side. Terimakasih kepada seluruh tim, sponsor dan keluarga dan fans saya di Indonsia. Kedepan, saya akan berusaha lebih baik, "ucap Wahyu Aji yang ada di urutan ke-2 klasemen sementara UB150 hingga ARRC 2017 India. 

"Kami sangat senang dengan hasil di race pertama dan race kedua AP250 dapat lebih maksimal hingga memberikan podium pertama. Terimakasih kepada Galang yang telah memberikan perfoma terbaik, juga untuk Rey Ratukore dan Wahyu Aji. Terimakasih juga kepada teknisi yang cepat melakukan set-up motor dimana kondisi race 2 berlangsung dalam trek basah. Ini berbeda dengan race awal. Semoga saat final race di Thailand nanti dapat memberikan hasil yang sama, "terang Wahyu Rusmayadi, manajer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

(Heru Fajar /SMNetwork /CN26 )