13 Oktober 2017 | Internasional

Identitas Tersangka Lain Terungkap

  • Sidang Pembunuhan Kim Jong-nam

KUALA LUMPUR- Sidang pembunuhan Kim Jong-nam kembali digelar di pengadilan Malaysia, Kamis (12/10) kemarin. Dalam sidang lanjutan tersebut, empat tersangka lain yang terlibat dalam pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un itu untuk kali pertama diungkap.

Di persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tinggi Shah Alam seperti dilansir Reuters, Kamis (12/10), polisi penyelidik Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz mengatakan, keempat tersangka hanya diidentifikasi sebagai Mr Chang, Mr Y, James, dan Hanamori yang juga dikenal sebagai ”kakek” atau ”paman”. Keempat pria itu bersama wanita Indonesia, Siti Aisyah dan wanita Vietnam, Doan Thi Huong dituduh membunuh Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu. Wan Azirul menyebut Mr Y sebagai pria yang terlihat di dalam sebuah video yang diputar di pengadilan.

Dalam video tersebut, pria tersebut mengenakan topi hitam dan membawa tas ransel berwarna hitam, tampak berjalan di bandara bersama seorang wanita mirip Huong.

Nyatakan Tak Bersalah

Huong dan Aisyah dituduh membunuh Jong-nam dengan mengusap wajahnya dengan racun mematikan VX, racun kimia yang dilarang oleh PBB dan dinyatakan sebagai senjata pemusnah massal. Sementara itu, dalam sebuah video lain yang ditayangkan di pengadilan, Mr Chang terlihat bertemu Aisyah di sebuah restoran di bandara tersebut. Adapun Hanamori diyakini telah memberikan instruksi pada Mr Y, sedangkan James telah merekrut Aisyah.

Wan Azirul tidak merinci lebih jauh. Dia juga tidak menyebutkan apakah keempat tersangka tersebut adalah warga Korut atau apakah mereka adalah empat orang yang sama, yang oleh kepolisian Malaysia dinyatakan telah meninggalkan Kuala Lumpur menuju Pyongyang di hari pembunuhan Jong-nam. Malaysia memang masih memburu empat tersangka lain terkait kasus ini.

Mereka bahkan sudah menyampaikan red notice kepada Interpol untuk mencari empat pria yang teridentifikasi bernama Ri Ji Hyon, Hong Song Hac, O Jong Gil, dan Ri Jae Nam itu. Persidangan kasus pembunuhan Jong-nam akan dilanjutkan setelah rencana kunjungan ke Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 24 Oktober mendatang. Sebelumnya, dalam persidangan beberapa hari lalu, Aisyah dan Huong menyatakan tidak bersalah atas dakwaan pembunuhan tersebut. Jika terbukti bersalah, kedua wanita muda itu bisa terancam hukuman mati.(afp,rtr-niek-23)