13 Oktober 2017 | Selebrita

”Turah” Bukan Satu-satunya

FILMTurah dari Indonesia bukan satu-satunya dari Asia yang melaju ke kompetisi Oscar 2018. Ada beberapa film negara lain berlombalomba menjadi unggulan dalam kategori film berbahasa asing terbaik.

Film-film itu adalah Pop Aye (dari Singapura), Birdshot (Filipina), Small Talk (Taiwan), Sawaan (Pakistan), dan First They Killed My Father (Kamboja). Pop Aye berkisah soal Thana. Dia arsitek yang tak puas atas pekerjaannya. Apalagi hubungannya dengan sang istri pun memburuk. Saat ke Bangkok, dia bertemu seekor gajah. Thana mengalami perjalanan penuh makna saat ingin mengembalikan gajah itu ke kehidupan alam sebenarnya di sebuah desa. Film Birdshot menceritakan gadis bernama Maya yang berusaha meloloskan diri dari kejaran polisi. Itu terjadi setelah dia menembak seekor elang yang hampir punah. Maya baru tahu cara memakai senjata. Dia lari membawa senapan warisan sang ayah.

Kampung Halaman

Small Talk mengisahkan tentang Huang. Kisah itu mengalir melalui masa lalu sang ibu yang dulu dikenal sebagai pendeta. Padahal, kini dia lesbian. Film itu memenangi Teddy Award di Berlin awal tahun ini sebagai film dokumenter terbaik.

Adapun Saawanbertutur mengenai bocah cacat yang ditolak sang ayah dan lingkungannya. Dia terasing di sebuah lembah mematikan saat matahari bersinar. Tak menyerah dan berpegang pada mimpi sekaligus kenangan akan kasih sayang ibu, bocah itu melakukan perjalanan kembali ke keluarganya. Film First They Killed My Father mengulik keadaan Kamboja pada 1975 saat Khmer Merah berkuasa.

Rezim itu memaksa bocah perempuan berusia tujuh tahun bergabung dalam militer. Dia terpisah dari sang adik yang terjebak di kamp perbudakan rezim tiranik itu. Turah, garapan sineas muda Wicaksono Wisnu Legowo, terbilang berlatar tak biasa. Film itu mengambil latar sebuah kampung nelayan di pesisir utara Kota Tegal. Sang sutradara menuturkan alasan pun cukup unik dan sederhana. Wisnu adalah pemuda asli Kota Tegal. Dan, dia ingin mengangkat kisah dan cerita masyarakat di kampung halamannya, khususnya Kampung Tirang.(dtc-44)