13 Oktober 2017 | Solo Metro

Jembatan Tol Denggungan Capai 50%

BOYOLALI- Pekerjaan fisik jembatan penghubung tol Solo-Kertosono (Soker) di ruas Denggungan perbatasan Kecamatan Banyudono-Ngemplak saat ini mulai memasuk pengecoran. Saat ini pekerjaan pemasangan kerangka baja untuk pengecoran terus dikebut. Dari estimasi sementara pejabat pembuat komitmen fisik (PPK Fisik) setempat, pekerjaan bangunan baru mencapai 50 persen. Faktor cuaca dan alam memberikan tantangan bagi kontraktor dalam menyelesaikan pekerjaan penting ini. ”Iya sedang ada pengecoran di sana, tahapnya baru 50 persen, karena sungainya banjir terus” terang PPK Fisik Tol Soker, Supriyono BM, Kamis (12/10).

Supriyono mengungkapkan, bulan Oktober ini cuaca memasuki musim penghujan. Di wilayah hulu Kali Pepe juga terus diguyur hujan. Dampaknya aliran sungai terus membanjiri lokasi proyek, sehingga pekerjaan fisik sedikit terhambat. ”(Proyek pembangunan jembatan-red), 50 persen pak. Kebanjiran terus,” imbuhnya.

Kendati demikian, Supriyono optimistis penyelesaian pembangunan jembatan penghubung Kali Pepe itu akan rampung tepat waktu. ”Semoga rampung sesuai jadwal, amin,” harapnya.

Rasa optimisme juga disampaikan perwakilan PTModern Widya Tehnical, kontraktor pembangunan jembatan anak Bengawan Solo di Denggungan itu.

Menurut Humas PT Modern Widya Tehnical, Rizal Krisna, bila dilihat dari hasil akhir pekerjaan lapangan, Kamis kemarin. Ia mempridiksikan pada pekan depan, jembatan sudah menyambung dari utara ke selatan. ”(Jembatan Denggungan-red) sisi kanan satu minggu lagi Insyaallah sudah menyambung,” ucapnya optimistis.

Rizal menambahkan, sebelum tol beroperasi awal Januari 2018, pihaknya harus menyelesaikan penyatuan jalur tol di atas Kali Pepe tersebut. Seluruh alat berat yang dimiliki dan disewa sudah diturunkan untuk mencapai penyelesaian pembangunan jembatan 2017. ”Kami di lapangan siap menyelesaikan proyek tol. Kami harus mengejar waktu penyelesaian proyek di Denggungan karena waktunya sudah mepet,” tuturnya.

Seperti diketahui, Jembatan Denggungan adalah satu jembatan terpenting penghubung tol Soker penghubung pintu tol Ngasem, junction Denggungan hingga jalur tol Boyolali- Karanganyar-Ngawi. Satker Tol Soker PUPR Jateng menunggu penyelesainya proyek ini.(J5-20)