image
13 Oktober 2017 | Suara Banyumas

KIYE LAKONE

Bantu Promosi Wisata

SENIN(9/10) lalu, menjadi momentum yang indah bagi Mbekayu Banyumas terpilih,Anggarini Indah Melati Suci. Beberapa langkah lagi, Duta wisata tahun 2017 ini menggapai cita-citanya untuk mempromosikan keindahan Kota Keripik hingga ke luar daerah. Hal ini yang menjadi motivasi gadis kelahiran Purwokerto, 9 April 1998 ini mengikuti kontes pemilihan tersebut. Sejak awal mengikuti kompetisi, dia sangat berhasrat ingin membantu mempromosikan pariwisata.

”Banyumas itu sangat indah, punya banyak potensi. Setelah jadi Mbekayu, saya bisa memaksimalkan peran untuk mempromosikan wisata Banyumas,” ujarnya, kepada Suara Merdeka, kemarin. Menurut mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto angkatan 2015 ini, perkembangan wisata di Banyumas masih berkutat di wilayah Baturraden saja.

Padahal, masih banyak potensi lainnya yang bisa diangkat. Dia mencontohkan, objek wisata Curug Gumawang di Kecamatan Somagede memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dengan air terjun lainnya. Akan tetapi, karena promosi kurang maksimal, kunjungan wisatawan ke kawasan wisata di pelosok desa ini masih sedikit.

”Objek-objek yang berada di pelosok ini menarik untuk dipelajari. Lalu dianalisas persoalan kenapa sampai kurang populer. Nanti saya bisa usulkan ke dinas terkait untuk ditindaklanjuti,” kata perwakilan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Banyumas ini. Menurut Anggarini, ada berbagai strategi untuk mengembangkan wisata yang belum terkenal.

Salah satunya dengan mempromosikan melalui media sosial. Bagi alumni SMK 1 Purwokerto ini, jangkauan media sosial yang tidak mengenal usia dan waktu menjadi peluang untuk memaksimalkan kunjungan wisata. ”Kita tidak bisa lepas dari media sosial. Saya akan membantu menyadarkan bahwa potensi wisata di Banyumas itu banyak.

Kampanye tentang Sapta Pesona juga dibutuhkan untuk meningkatkan kunjungan,” ujar putri semata wayang pasangan Widianto (58) Siti Roimah (51) ini. Sebagai persiapan untuk merengkuh gelar Mbak Jateng di ajang pemilihan Duta Wisata Provinsi, Anggarini menyiapkan makalah tentang Pengembang Destinasi Pariwisata. Selain itu, dia juga menyiapkan perbendaharaan pengetahuan umum, budaya, kemampuan Bahasa Inggris dan Mandarin. (Nugroho Pandhu Sukmono- 19)