image

SM/Ruli Aditio - TROTOAR NYAMAN: Salah satu proyek trotoar di Kudus, yang nyaman dilalui pejalan kaki, kemarin. (14)

13 Oktober 2017 | Suara Muria

Semua Proyek Tepat Waktu

KUDUS- Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kudus, mulai dari jalan, jembatan hingga drainase masih berlangsung hingga saat ini. ”Namun semua bisa rampung sebelum tutup tahun,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kudus, Sam’ani Intakoris, kemarin. Menurut dia, hasil proyek lebih bermanfaat bila mengedepankan aspek kenyamanan dan keamanan, melalui penerapan pola 4 pastrep dan 5 transparan.

”Dengan demikian, fungsinya bisa bertahan lama.” Menurut dia, 4 pastrep menyangkut ukuran, spesifikasi, kualitas, dan administrasi. Pengerjaan proyek harus memperhitungkan empat elemen itu. ”Kurang satu pun akan berisiko.” Pelaksanaannya berdasarkan lima elemen, yaitu melihat, meraba, menganalisis, melaporkan, dan mengawasi.

Jangan mengesampingkan hal kecil karena semua penting. Pihaknya juga memiliki perencanaan agar pembangunan dan perbaikan infrastruktur selesai tepat waktu. ”Kami optimistis semua bisa selesai sebelum akhir tahun.” Terlebih saat ini tak ada kendala yang berarti dan cuaca cukup mendukung pelaksanaan pekerjaan. Jajarannya pun tetap memperhatikan kualitas.(J18-14)