12 Oktober 2017 | Olahraga

Belanda Tenggelam, Robben Pensiun

AMSTERDAM- Belanda akhirnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Tim Oranye kini berada pada salah satu periode terkelam dalam sejarah sepak bola mereka. Dua tahun silam De Oranje juga tak mampu menembus putaran final Piala Eropa. Anak-anak asuhan Dick Advocaat menyudahi kualifikasi Zona Eropa Grup Adengan kemenangan 2-0 atas Swedia di Amsterdam Arena, Rabu (11/10) dini hari WIB.

Dua gol diborong Arjen Robben. Hasil itu tak cukup memberi mereka tiket terbang ke Rusia tahun depan. Untuk melaju ke fase play-off Robben dan kawankawan harus menang dengan selisih tujuh gol.

Tiket langsung menjadi milik Prancis, sedangkan Swedia mesti berjuang melalui jalur play-off. Ini bukan kali pertama Tim Oranye gagal menembus World Cup. Sebelum menjadi skuad menakutkan lewat total football pada awal periode 1970-an, Negeri Kincir Angin ini justru langganan tidak lolos.

Ini untuk kali pertama dalam 30 tahun terakhir Belanda tak mampu meraih tiket dalam dua turnamen mayor secara beruntun. Sebelumnya, mereka tidak lolos ke Piala Dunia 1982, Piala Eropa 1984, dan Piala Dunia 1986. Kegagalan Belanda diikuti pernyataan pensiun dari Robben.

Winger lincah itu memperkuat tim nasional senior sejak 2003. Dia sudah tampil 96 kali dengan mengemas 37 gol dan 29 assist. Pencapaian terbaiknya adalah menjadi runner-up Piala Dunia 2010. ‘’Saya ingin fokus ke klub sekarang,’’ ungkap Robben yang membela Bayern Munich sejak 2009.

Advocaat menilai Robben masih merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Dia mendukung sang pemain sayap untuk melanjutkan tugasnya di level klub. ”Ini akan jadi sebuah kehilangan besar untuk Belanda, karena dia benarbenar punya kualitas besar. Kami bakal merindukan dia, tidak ada keraguan tentang itu,” tegas Advocaat.(afp,soccerway, A7-16)