08 Oktober 2017 | Layar

Kabar Jawa Tengah Siang

Prestasi Gemilang Pencinta Alam Udinus di Usia Ke-26

  • Hari: Senin (9/10) Pukul: 12.00 WIB

Menyambut ulang tahun yang ke-26, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Aldakawanaseta menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya ialah pendakian massal di Gunung Merbabu pada akhir September lalu. Sebanyak 42 orang yang berpartisipasi dalam acara tersebut mendaki melalui jalur pendakian Wekas.

Dalam pendakian itu, Aldakawanaseta juga melakukan penanaman bibit akasia di pos dua dan aksi bersih gunung. Peserta tampak antusias mengikuti keseluruhan kegiatan selama pendakian.

"Puluhan peserta bawa turun kantong sampah yang berisi sampah plastik yang dipunguti selama turun dari atas," jelas Irine Aghna, ketua umum Aldakawanaseta. Aldakawanaseta merupakan UKM tertua di kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Keberadaannya yang sudah ada sejak Udinus masih menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK), membuat UKM ini cukup dikenal di kalangan UKM pecinta alam lainnya.

Selebrasi hari jadi yang digelar di Gedung E Udinus beberapa waktu lalu dihadiri lebih dari 300 tamu undangan dari berbagai mapala yang berasal dari berbagai daerah. "Sesama Mapala kami saling guyub dan menghadiri kalau Mapala lain ada acara," tambah Irine.

Selain pendakian massal Gunung Merbabu, UKM pecinta alam ini juga menggelar aksi donor darah berkerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang di Gedung C Udinus, Senin (11/09) lalu.

Aksi donor darah tersebut berhasil mengumpulkan 25 kantong darah. Sedangkan selebrasi hari jadi digelar di Gedung E pada Rabu (20/09) sekaligus untuk menarik minat mahasiswa baru bergabung dengan UKM ini.

Prestasi Gemilang

Di usia ke-26 ini, Aldakawanaseta juga berhasil meraih berbagai prestasi gemilang. Dalam kompetisi wall climbing yang diwakili Mohamad Hidayat dan Nova Amelia, misalnya, Aldakawanaseta berhasil meraih juara II Gemalawa Wall Climbing di IAIN Pekalongan, yang digelar 22-24 September lalu.

Hidayat mengaku, panjat tebing adalah hobi yang digelutinya selama ia masih duduk di bangku sekolah dasar, berbagai perlombaan serupa telah ia raih, bahkan pernah hingga ke tingkat internasional di Bali.

Sementara itu, Nova mengaku senang dapat menyumbangkan piala kepada Aldakawanaseta. Saksikan berita selengkapnya pada Senin (9/10) pukul 12.00 WIB dalam Kabar Jawa Tengah Siang.(Sofie-25)