image
08 Oktober 2017 | Ikapesta

Pergelaran Tari yang Memanjakan Mata

  • Oleh Dhaneswari Tiara

BAGAIsayur tanpa garam, begitu pepatah yang biasa disematkan apabila tak ada hiburan dalam sebuah pesta. Hiburan merupakan rangkaian penting dalam sebuah acara. Pesta akan tampak membosankan apabila tidak diselingi dengan kegiatan yang dapat menghibur tamu undangan. Selain musik atau nyanyian-nyanyian yang memanjakan telinga, hiburan juga bisa berupa tarian yang memanjakan mata tamu undangan.

Sejak dahulu, tarian memang selalu ada dalam rangkaian acara pesta. Dari mulai acara tradisional di desa-desa hingga acara kenegaraan di Istana Negara. Kini, kurang meriah rasanya bila sebuah pesta tanpa adanya tari-tarian.

Bagi yang ingin pesta menghibur dengan sebuah pergelaran tari, ketiga vendor dancer ini siap membocorkan tips memilih vendor penari yang tepat. Jessica Wibowo, manager dari Dance by Freedom Works yang berada di Kampung Utri No 15 Semarang ini menyarankan untuk mencari informasi tentang dance company yang sesuai dengan konsep acara.

“Setelah menentukan konsep acara, carilah informasi mengenai dance company yang cocok dengan konsep acara tersebut. Jangan malu untuk bertanya kepada vendor dance untuk mendiskusikan konsep dan bujet. Sangat penting menjalin komunikasi yang baik antara klien dan vendor agar hubungan berjalan baik, sehingga mengasilkan acara yang memuaskan,” jelas Jessica.

Vendor yang memilik akun instagram @dancebyfreedomworks ini menawarkan tarian sesuai dengan permintaan klien. “Kami bisa menyesuaikan permintaan klien. Jika melayani pesta pernikahan kami bisa menampilkan tarian modern dance, contemporary dance, chinese dance, cabaret dance, dan bisa juga kolaborasi dengan artis lokal.

Untuk acara gathering, sweet seventeen, anniversary biasanya klien memilih untuk tarian hip hop, breakin, arabian style, led dance. Untuk acara pemerintahan bisa dengan traditional dance,” kata Jessica.

Sesuaikan Permintaan

Selain Jessica, ada Setiawan Agus Raharjo, pemilik dari Eleven Dance yang berada di Jalan Suryo Kusumo F/11 Semarang. Setiawan menyarankan untuk mempertimbangkan paket yang ditawarkan oleh vendor dance sehingga dapat menghemat pengeluaran.

“Begitu banyak vendor dance di Semarang, klien cukup memilih vendor mana yang sesuai dengan selera. Namun sebelum memutuskan sebaiknya klien melihat portofolio dari vendor-vendor tersebut. Portofolio ini bisa didapatkan melalui media daring internet, instagram, website atau langsung dari vendor itu.

Tanyakan pula paket apa saja yang mereka tawarkan, biasanya paket tersebut dapat menghemat bujet,” saran Setiawan. Eleven Dance yang memiliki akun instagram @elevendance ini fokus di jalur modern dance dan hip hop. Mereka menyatakan memiliki personel yang profesional. “Vendor kami lebih dominan ke modern dance dan hip hop.

Namun kami juga bisa couple dance, thematic, lipsing, dan tarian lain sesuai permintaan klien. Eleven Dance terdiri atas personel yang bekerja secara profesional, berdedikasi, dan berpengalaman khususnya di genre modern dance dan hip hop,” ujar Setiawan. Ellen Aya, salah satu pemilik Dream High Dancer yang berkantor di Jalan Kimangunsarkoro 78D Semarang ini menyarankan untuk memilih vendor yang memahami keinginan klien. “Pilihlah vendor yang harus bisa mengerti dan memahami setiap keinginan klien.

 

Karena permintaan klien satu dan lainnya berbeda jadi tidak bisa dipukul rata. Yang terpenting adalah pilihlah vendor yang bisa mengarahkan agar sebuah event bisa berjalan meriah.

Hal ini dapat diketahui dengan mencari informasi setiap vendor dance secara dalam terlebih dahulu,” saran Ellen. Pemilik akun instagram @dreamhighdancers ini menawarkan modern dance, ballet, contemporary dance, break dance, cabaret dance, dan hip hop.

“Kami juga siap dengan segala tarian sesuai dengan permintaan klien. Karena kami menerapkan rasa kekeluargaan, sehingga tanggung jawab dan kekompakan adalah hal utama bagi kami. Tentu saja dengan kualitas dan skill dancer yang tak perlu diragukan,” ujar Ellen meyakinkan.(58)