image
08 Oktober 2017 | Her Spirit

Pesona Wedari

  • 20 Tahun Berkarya Denny Wirawan

BATIKKudus dengan pesona warna khas Pesisir, menjadi pilihan Denny Wirawan dalam merayakan 20 tahun berkarya, yang digelar di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, baru-baru ini.

Koleksi dari labelnya Balijava yang ia beri tajuk ”Wedari” tersebut terdiri atas busana ready to wear dan couture, yang menggunakan batik Kudus. Ini merupakan dedikasi Denny untuk mengangkat batik Kudus sebagai salah satu dari sekian banyak warisan wastra pesisir Jawa Tengah.

Kali ini ia berkolaborasi dengan Bakti Budaya Djarum Foundation, yang sebelumnya telah meraih sukses pada fashion show tunggalnya ”Pasar Malam”, yang diselenggarakan di Kudus pada September 2015 dan Fashion Gallery New York Fashion Week 2016. ”Wedari” yang memiliki arti taman bunga, merefleksikan motif batik Kudus yang memiliki motif flora dan fauna.

Ada 93 busana yang ditampilkan malam itu yang terbagi menjadi empat sequen, di mana masing-masing menampilkan kekayaan ragam motif langka, dengan ciri khas kehalusan dan kerumitan isen-isen khas batik Kudus.

Sequen pertama berjudul ”Sekar Murni” merupakan 15 set busana ready to wear deluxe monokrom putih bergaya glamor dan bridal, dengan detail bordir khas Kudus yang menjadi signature-nya. Sequen kedua, ”Taman Sari” merupakan koleksi yang bertabur motif bunga dengan nuansa warna cerah.

Pada sequen ketiga, ”Ganda Arum” yang memamerkan busana ready to wear bernuansa sogan dan terakhir, ”Ningrat” merupakan koleksi Batik Kelengan yang bernuansa hitam dengan motif bunga dan kupu-kupu berwarna cerah yang kontras.

Koleksi terakhir tersebut didominasi dres panjang (long dress) berpotongan lebar, dengan kerah lebar dan tegas, yang melambangkan busana wanita ningrat.(58)

Teks: Irma Mutiara Manggia
Foto: dok Denny Wirawan