image
01 Oktober 2017 | Her Spirit

Mei Christianty

Mengatur Segudang Acara

Beralih dari pekerjaan yang bersifat rutinitas dan terjadwal ke pekerjaan yang fleksibel, membuat Mei Christianty merasa nyaman. Meski menguras tenaga dan waktu, ia mengaku bisa menikmati pekerjaannya.

Sebelum total terjun dalam dunia event organizer bersama sang suami, Mei bekerja dalam dunia perbankan selama kurang lebih enam tahun (hingga 2008), di beberapa bank ternama di Indonesia. Dua tahun ia sebagai supervisor exhibition di salah satu hotel bintang lima di Semarang (hingga 2010). Dari terbiasa bekerja di dunia perbankan, lalu bekerja secara fleksibel dengan mobilitas tinggi, akhirnya membawa Mei sebagai project officer di M7 Production Event Organizer & Exhibition hingga sekarang.

“Waktu bekerja di bank sebagai processing officer saya banyak bertemu pengusaha dari berbagai bidang, sehingga waktu berganti jenis pekerjaan. Saya tidak terlalu mengalami kesulitan,” ujarnya. Mei menceritakan pengalaman pertamanya bekerja di dunia event organizer adalah sewaktu mengadakan pergelaran Semarang Night Carnival tahun kedua (2012).

Motivasi Membantu

“Tantangan pertama yang saya hadapi harus berkoordinasi dengan banyak orang dan banyak pihak, sosialisasi ke masyarakat juga, karena event ini sampai menutup beberapa jalan di pusat kota,” ujarnya. Ia mengatakan, persiapan produksi dan juga workshop membuat kostum yang bertema bunga menjadikan pengalaman pertama sangat berkesan. Wanita yang hobi snorkling ini mengatakan, dalam setiap event yang digarapnya kerap mengajak masyarakat sekitar untuk ikut terlibat menjadi bagian dari tim.

Mulai dari pengamanan acara hingga penyedia beragam kuliner dari masyarakat setempat yang memiliki usaha makanan, baik kaki lima maupun rumah makan. Tantangan yang juga tak kalah besar dalam pekerjaannya adalah alam.

Terkadang acara sudah direncanakan secara matang, sesuai dengan jadwal, dan berjalan lancar lalu turun hujan yang tidak bisa diprediksi. Karena itu, ia kerap bekerja sama dengan pawang hujan.

Apa yang membuatnya betah bekerja di dunia dengan mobilitas tinggi tersebut? “Saya jadi tambah banyak kenalan, juga belajar budaya masyarakat lokal tempat saya menyelenggarakan event,” ujar wanita yang baru saja menggarap Festival Barikan di Karimun Jawa belum lama ini. Jadi, meski capai, menguras tenaga, pikiran dan waktu, ia sangat menikmati pekerjaannya. “Prinsip saya, bekerja itu nggak hanya untuk mencari uang, tapi harus bisa memotivasi saya untuk membantu orang lain,” ungkapnya.(58)

Teks :Irma Mutiara Manggia
Foto :Irma M Manggia, Mei Christianty

Tentang Mei Christianty
                  26 Mei 1979
? Disiplin
? Tegas
? Hobi menonton film, snorkling
? Berprinsip harus bermanfaat bagi orang lain