24 September 2017 | Rileks

Buktikan Kesuksesan lewat Album Repackage

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Setelah berhasil menyabet berbagai penghargaan dengan singgel Ko Ko Bop dalam album The War. Kini Boygroup asal Korea Selatan, EXO membuktikan kesuksesannya melalui album repackaged bertajuk The War: The Power of Music yang dirilis 5 September lalu.

Dalam budaya K-Pop, peluncuran album repackage dianggap sebagai bukti keberhasilan dari album sebelumnya. Album repackage merupakan album yang berisi lagu-lagu yang sama dengan album sebelumnya, namun dikemas ulang dengan kemasan dan judul album yang berbeda. Selain lagu-lagu yang ada di album sebelumnya, album repackage biasanya berisi tambahan satu hingga tiga lagu baru. Beberapa waktu lalu EXO diketahui menggebrak panggung Music Bank in Jakarta 2017, kini EXO kembali menghebohkan para EXO-L, sebutan untuk penggemar EXO, dengan meluncurkan album repackage yang berisi CD, 16 character cards, 4 double cards, 1 random photocard, 1 group card, 1 manual, 1 poster, dan 1 halaman graphic novel comic. Album The War: The Power of Music terdiri atas 9 lagu original dan 3 lagu baru, yakni Power, Sweet Lies, dan Boomerang. Power menjadi lagu utama dalam album repackage ini. Lagu beraliran EDM yang adiktif dan memberi energi pada pendengar dengan suara synth dinamusdan beat drum ini sukses menyabet posisi pertama di berbagai chart musik.

Mulai dari chart musik di Hanteo Chart, Syannara Records, Yes24, Kyobo Books hingga Hootracks. Tak hanya itu, Power pun berhasil merajai chart i-tunes di 33 Negara sekaligus satu hari sejak perilisan. Dilansir Soompi, The War: The Power of Music memuncaki chart itunes di 33 Negara perpukul 10.20 pagi waktu Korea atau sekitar 8.20 WIB. Album ini tak hanya berjaya di Asia, namun juga di Eropa dan Amerika Selatan. Negara-negara ini termasuk Spanyol, Denmark, Singapore, Indonesia, Malaysia, peru, Meksiko, Polandia, Rusia, Jepang dan masih banyak lagi.

Sementara itu, video musik Power sendiri cukup menarik perhatian pecinta K-pop khususnya para EXOL. Video Musik ini diawali dengan animasi lalu diperlihatkan beberapa planet, disusul dengan kemunculan robot angkasa yang membuat kekacauan. Para member EXO berperan sebagai penyelamat dengan berusaha melawan robot tersebut dengan berbagai senjata dan kekuatan super yang mereka miliki.

Alur cerita pada video musik ini tak melulu serius, beberapa adegan konyol dan lucu sempat terlihat dan tentunya menghibur para penggemar. Dengan konsep yang agak berbeda pada comeback kali ini, musik video Power pun meraih banyak view dan likes di kanal Youtube dalam waktu hitungan jam. Sampai saat ini video musik Power telah ditonton hingga lebih dari 14 juta kali dan 983 ribu penyuka. Tak hanya EXO, pun banyak idol Korea yang berhasil menjual habis jutaan keping CD hingga menuntut mereka untuk meluncurkan album repackage.

Baru-baru ini girlband asal Korea Selatan G-Friend juga sukses merilis album repackage Rainbow dengan lagu utama Summer Rain. Di Indonesia sendiri ada band Maliq & Díessentials yang berhasil membuat album repackage karena kesuksesan album sebelumnya. Band beraliran pop jazz ini merilis album bertajuk Maliq & Díessentials Repackage dengan tambahan tiga lagu baru pada 2006 lalu. Ada pula band lawas Radja yang meluncurkan album repackage berjudul Manusia Biasa (2003) yang dihuni 12 lagu. Wah, Jika ditilik band-band Indonesia sudah cukup lama tak menelurkan album repackage. Semoga minat pembelian album fisik musisi Indonesia makin tinggi, sehingga membangkitkan geliat musik tanah air.(43)