17 September 2017 | Ikapesta

Ciptakan Kemesraan melalui FOTO PREWEDDING

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Belakangan ini foto prewedding sudah menjadi hal yang wajib ada bagi pasangan yang akan menggelar pesta pernikahan. Tak hanya berfungsi sebagai koleksi pribadi , foto prewedding pun memiliki banyak manfaat terutama dalam meningkatkan kemesraan calon mempelai.

Albert Suryawijaya, fotografer sekaligus pemilik Johnny Foto-Video yang beralamat di Puri Anjasmoro K3 No 8 Semarang mengatakan, foto prewedding merupakan salah satu cara untuk membuat hubungan calon mempelai semakin dekat. ”Terkadang ada situasi saat calon mempelai saling berselisih paham.

Namun karena prewedding mereka jadi akur kembali berkat situasi kedekatan pada saat pengambilan gambar. Jadi, prewedding dapat semakin membuat calon mempelai semakin mesra,” ujar Albert. Vendor dokumentasi yang malang melintang sejak 1958 ini pun memberikan kiat mempersiapkan foto prapernikahan. ”Persiapkan konsep dengan matang.

Karena konsep ini akan memengaruhi bujet dan lokasi. Selain itu penting untuk mempersiapkan fisik dan kondisi jasmani calon mempelai. Lalu jangan lupa untuk pesan jauh-jauh hari,” saran pemilik vendor yang sering memanfaatkan cahaya natural dalam pengambilan gambar ini.

Albert menambahkan, dirinya mengutamakan pose natural agar tampak alami, anggun, dan klasik serta dapat menyesuaikan bujet calon mempelai. Tak hanya meningkatkan kemesraan, ternyata foto prewedding dapat dimanfaatkan sebagai wedding gallery di pesta pernikahan.

Raditya, pemilik Javaidea Photography yang berdiri sejak 2004 di Jalan Pamularsih Raya No 25 Semarang ini mengungkapkan kegunaan lain foto prewedding. ”Calon mempelai dapat menunjukkan gengsi dan prestise dengan menampilkan foto prewedding terbaik untuk dipamerkan saat hari pernikahan.

Foto prewedding ditampilkan sebagai wedding gallery di hari pernikahan yang bisa dilihat tamu undangan. Foto prewedding juga bisa digunakan untuk cetak undangan ataupun suvenir,” ungkap Raditya. Ia mengatakan, Javaidea Photography menggunakan pendekatan personal dengan klien, sehingga dapat memahami dan mewujudkan keinginan klien.

”Bagi klien yang ingin melakukan foto prewedding sebaiknya jauh-jauh hari, karena menjelang hari pernikahan kerepotan pun semakin tinggi. Kemudian selaraskan konsep, lokasi, dan bujet. Terkadang bujet ke luar negeri justru lebih murah ketimbang di dalam negeri, namun lokasinya sulit dijangkau,” saran Raditya.

Sesuaikan Konsep

Bagi Christ Reggie Handoko, pemilik Ideeongraphy yang berada di Tlaga Mas Raya A8 Aini, foto prewedding merupakan sarana latihan berfoto bagi calon pengantin saat pesta pernikahan nanti. ”Foto prewedding bisa menjadi latihan agar saat foto wedding day nanti tidak kaku. Calon mempelai pun dapat mengetahui sudut foto terbaik masing-masing,” ujar Christ.

Ideeongraphy yang berdiri sejak 2010 ini menyarankan untuk melakukan komunikasi dengan pasangan terlebih dahulu sebelum diskusi dengan vendor dokumentasi. ”Lakukan komunikasi dengan pasangan terlebih dulu untuk mengetahui konsep, bujet, lokasi, make up, dan hal pendukung yang diinginkan. Barulah kemudian diskusikan keinginan dengan vendor dokumentasi.

Kami berusaha memenuhi harapan klien, namun juga menyarankan foto terbaik. Foto yang indah bagi kami adalah menangkap momen penuh emosi dan perasaan yang tercipta antara mempelai,” ujar Christ yang juga menyediakan studio foto untuk konsep pemotretan indoor ini.

Aaron dan Harry, pemeliki Inside Me Photography yang berkutat di dunia dokumentasi sejak 2009 ini turut membocorkan tips mempersiapkan foto prewedding. ”Klien sebaiknya membangun kedekatan dengan fotografer agar terjalan chemistry antara fotografer dan calon pengantin. Lalu tentukan tanggal pemotretan yang tepat agar mood calon pengantin selalu terjaga.

Kemudian konsultasikan lokasi, make up, kostum, dan tatanan rambut yang sesuai dengan konsep dan bujet yang ada kepada fotografer,” saran Aaron dan Harry. Keduanya menambahkan, dengan foto prewedding maka calon pengantin dapat mengabadikan momen romantis yang tak terlupakan dan dikenang sepanjang masa.

Karena itu, Inside Me Photography berusaha melayani klien dengan sepenuh hati dan selalu total dalam berkarya. ”Kami berusaha menampilkan foto prewedding dengan pose natural yang menonjolkan eskpresi terbaik calon pengantin, sehingga dapat dikenang selamanya,” ujar pemilik akun Instagram @insideme.photography tersebut.(58)