14 September 2017 | Suara Kedu

CEN KONDHANG

Siaran Sembari Kuliah

BEKERJAsebagai penyiar radio sembari kuliah kini menjadi pilihan Willy Talia Rachmadya. Agar aktivitasnya dalam menimba ilmu dan kariernya itu sama-sama dapat berjalan lancar, mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, asal Temanggung itu, harus pandaipandai dalam membagi waktu. ‘’Selama ini, saya masih bisa membagi waktu, karena tugas siaran di radio pada sore atau malam hari. Sehingga, jam kuliah yang kebanyakan pada pagi hari tidak terganggu,’’ ujar penyiar sebuah stasiun radio swasta di Yogyakarta tersebut.

Gadis yang baik di radio maupun di kampusnya biasa dipanggil Aya tersebut, mengakui, terkadang pada saat-saat tertentu harus bekerja ekstra keras, bahkan lembur sampai larut malam. Semua dilakukannya tatkala pekerjaannya sebagai penyiar bertabrakan dengan kepentingan menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya. ‘’Kadang memang ada tugas kuliah yang harus diselesaikan malam hari, karena pagi harinya harus dikumpulkan. Sehingga, harus lembur menyelesaikannya usai siaran, jadi ya merasa capai juga,’’ ujarnya.

Mahasiswi kelahiran, 1 Juni 1996 tersebut, sejak anak-anak memang menyukai peran sebagai pembawa acara atau master of ceremony (MC). Tak pelak, dahulu tatkala ada acara-acara di sekolahannya, baik di SMP 2 Temanggung maupun di SMA 1 Temanggung, ia sering diminta untuk menjadi MC-nya. ‘’Antara menjadi MC dengan siaran radio, kan tidak jauh-jauh berberda,’’ tutur dara yang dikenal memiliki suara empuk saat siaran radio.

Aya mengaku, dirinya sebetulnya dahulu memilki keinginan untuk kuliah di kedokteran umum, namun ketika SMA, ia dinilai lebih cocok masuk ke jurusan IPS, sehingga batal mendaftar kedokteran. Kemudian, setelah lulus SMA, ia memilih jurusan psikologi, yang dirasa agak nyambung dengan keinginannya menjadi dokter. Putri kedua pasangan Widarto dan Sri Mulyati, warga Jalan Gajahmada Temanggung tersebut, juga memiliki kegemaran menyanyi dan menari, bahkan saat SMA dahulu juga menjadi anggota grup tari di sekolahannya. Adapun untuk menyalurkan hobinya dalam menyanyi, Aya juga sering tampil menghibur para pengunjung kafe Suave Cafe and Bar Yogyakarta, serta beberapa panggung pentas menyanyi lainnya. Kemudian, bersama teman-temannya, Aya juga pernah pentas menari di plataran Candi Prambanan dan Ratu Boko.(Henry Sofyan-26)