14 September 2017 | Suara Muria

TRITIS

Spesialis Khat dan Kaligrafi

IFFAHDzakiyyah Yasmin kini dikenal karena banyak memenangi lomba kaligrafi dan khat, dari tingkat kabupaten hingga nasional . Siswi kelas VIII SMP 1 Kudus itu saat ini bersiap menghadapi dua lomba tingkat nasional untuk menunjukkan kebolehannya membuat kaligrafi. Dua lomba itu, yaitu Festival Anak Shaleh (FASI) di Banjarmasin 13-16 September dan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) di Aceh Oktober mendatang.

Dara yang akrab disapa Iffah itu belajar kaligrafi sejak kelas II (sekolah dasar). Setelah satu tahun belajar, ia mengikuti kompetisi untuk kali pertama, yaitu lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (Mapsi). Lomba tersebut dia ikuti mulai dari tingkat kecamatan sampai meraih gelar sebagai juara I tingkat Provinsi Jawa Tengah.

”Mapsi itu lomba pembuka ketika saya kelas III. Karena jenjang lomba ini hanya sampai provinsi, jadi prestasinya juga hanya sampai tingkat provinsi,” kata dia, kemarin. Pada lomba Mapsi, ada dua cabang yang diikutinya dan selalu menang, yaitu lomba khat dan kaligrafi.

Selama empat tahun berturut-turut, putri pasangan Luqman Hakim dan Zaenab Rafithri ini selalu memperleh predikat juara. Iffah mengaku, awalnya tidak tertarik dengan seni menulis huruf arab ini. Selain dianggap sulit, dia sama sekali belum kenal teknik penulisan huruf Arab yang tepat. ”Awalnya sama sekali tidak ingin menekuni bidang ini. Tapi karena banyak yang mendukung terutama orang tua, saya akhirnya ikut belajar.

Ternyata, sekarang malah asyik,” kata dara kelahiran 24 Maret 2004 itu. Untuk menghadapi lomba mendatang, ia mengaku telah sebulan mempersiapkan diri. Bahkan, ia harus izin tidak mengikuti pelajaran beberapa jam untuk berlatih secara khusus.

”Ada guru yang khusus membimbing untuk lomba. Termasuk guru agama di SMP 1,” Warga RT 3 RW 1 Desa Barongan, Kecamatan Kudus Kota tersebut berharap, lewat lomba mendatang ia bisa membawa harum nama sekolah, Kabupaten Kudus, dan Provinsi Jawa Tengah. (Septina Nafiyanti-14)