14 September 2017 | Suara Banyumas

Memasyarakatkan Sastra Melalui Medsos

Mengenal Komunitas Garba Aksara

  • Oleh Fadlan M Zain

GARBAAksara adalah sebuah komunitas yang beranggotakan para pecinta sastra. Mereka yang masih berstatus sebagai mahasiswa ini berupaya mengenalkan sastra kepada masyarakat luas melalui media sosial. Pangakar atau Ketua Garba Aksara, Azzah Zulfa Maulana, mengatakan ia bersama temantemannya berusaha mengemas visualisasi sastra menjadi lebih menarik.

Tujuannya agar masyarakat tertarik untuk membaca karya sastra. "Di zaman milenial ini sastra masih dianggap asing dan kuno, jadi kita bentuk peremajaan sastra dengan mengikuti perkembangan zaman. Biar tidak kuno kita buat video, sehingga orang akan berminat untuk membaca, bahkan mencintai sastra," kata dia. Komunitas yang berdiri 1 September 2016 lalu ini berawal dari tujuh orang teman yang sama-sama menyukai sastra. Garba sendiri diambil dari bahasa sangsekerta yang berarti rahim dan aksara sendiri artinya adalah tulisan.

"Rahim itu tempat berlindung atau wadah, tempat bertumbuh dengan harapan bisa menjadi wadah para penikmat sastra di Purwokerto. Kita ada untuk bertumbuh berproses," ujar dia. Dia mengatakan kerap melakukan bedah puisi melalui aplikasi chating Line. Kegiatan yang diberi nama Malam Berpena ini memanfaatkan aplikasi pesan instan untuk mengumpukan puisi-puisi hasil karya para penikmat sastra.

"Kita ada kegiatan yang diberi nama Malam Berpena. Kita menerima puisi-puisi dari orangorang melalui Line, kemudian kita seleksi dan kita bedah. Ini bentuk apresiasi kita kepada para penulis," kata dia. Dia mengaku perkembangan teknologi membawa dampak positif sekaligus negatif dalam perkembangan sastra.

Di satu sisi perkembangan teknologi dapat lebih mudah memasyarakatkan sastra, di lain sisi juga ada negatifya seperti pengutipan sebuah karya tanpa menyertakan nama penulisnya. "Ini bagian dari peremajaan sastra, di titik ini ada sastra cyber di mana ada pro kontranya. Sekarang banyak anak-anak membuat kutipan puisi, tapi tidak meninggalkan nama pengarang aslinya.

Saya berharap hal ini tidak terjadi terus," ujar dia. Humas Garba Aksara, Aulia Reksa Negara, mengatakan tengah menggencarkan promosi untuk menarik minat kalangan muda. Promosi dilakukan dengan cara membuat kegiatan-kegiatan dan juga on air di radio. "Kita sering membuat event, tetapi memang tergantung mood, biasanya kita tidak menunggu momentum tetapi dadakan. Bagi yang berminat gabung, bisa menghubungi official Line kami atau melalui instragam," kata dia.(19)