14 September 2017 | Fokus Jateng

RSUD Dr Moewardi Gelar Bakti Sosial

WONOGIRI- Warga lanjut usia (lansia) pun ingin hidup sehat. Itulah kesimpulan yang muncul pada bakti sosial RSUD Dr Moewardi Surakarta di Desa Pondok, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, akhir pekan lalu. Dari 200 orang lebih yang memeriksakan diri serta berkonsultasi, sekitar sepertiganya merupakan warga lansia. beberapa di antaranya terpaksa dipapah anggota keluarganya ke lokasi karena sudah agak susah berjalan sendiri.

‘’Tiga puluh persen lansia, sepuluh persen anak-anak, dan sisanya orang dewasa,’’tutur Dra Anggita Pratami Langsa MM, kepala Sub Bagian Pemasaran RSUD Dr Moewardi yang memimpin tim bakti sosial. Tim beranggota 15 orang yang terdiri atas dokter, perawat, dan bagian promosi kesehatan melayani pemeriksaan kesehatan dan konsultasi yang berlangsung mulai pukul 08.30 sampai pukul 13.00. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Ngadirojo Agus Hendradi, Kepala Puskesmas dokter Harmanto Sulistyo Budi M Kes, kapolsek, danramil, kepala desa beserta para perangkat desa dan ratusan warga masyarakat.

‘’Berdasarkan hasil pemeriksaan dan konsultasi, kasus terbanyak yang kami temui adalah osteroartritis, stroke, hipertensi, dan DM (diabetes mellitus, sakit gula-Red),’’imbuh Anggita. Sebagai tindak lanjut, lanjut dia, tim merujuk beberapa di antaranya ke puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lebih detail, foto rontgen, cek gula darah lengkap, cek fungsi ginjal, dan sebagainya.

Bakti sosial ke berbagai daerah di wilayah Solo Raya atau eks Karesidenan Surakarta dilaksanakan dua minggu sekali dengan lokasi berpindah-pindah, serta tergantung pada permintaan daerah bersangkutan. Tujuannya, menurut Anggita, meningkatkan derajat kesehatan serta pengetahuan masyarakat tentang pola hidup sehat. Terutama secara proaktif mempromosikan gaya hidup sehat, mencegah sakit lebih baik daripada mengobati.

Di samping itu, pihaknya menggelar pengobatan gratis di arena car free day Solo setahun empat kali atau setiap tiga bulan sebagai bagian dari corporate sosial reponsibility atau tanggung jawab sosial rumah sakit. Di pusat keramaian tiap minggu itu, disiapkan tim untuk melayani konsultasi, cek kesehatan dari laboratorium sederhana, serta memperoleh obat secara gratis.(B6-41)