image

Foto: suaramerdeka.com / Hendra Setiawan

15 September 2017 | 19:28 WIB | Futsal

Jateng Lolos ke Semifinal FFI Futsal Championship 2017

JATINANGOR, suaramerdeka.com -Tim futsal Jawa Tengah raih tiket semifinal FFI Futsal Championship 2017 setelah mengalahkan Sumatera Utara di babak delapan besar yang digelar di GOR ITB Jatinangor, Jawa Barat, Jumat (15/9) pagi.

Faisal Rahmad dkk berhasil menang dengan skor 2-0 di babak adu penalti, setelah sebelumnya bermain imbang 3-3 di waktu normal 2x20 menit dan masih imbang 4-4di babak tambahan 2x5 menit. Jateng akan meladeni Sulawesi Selatan yang mengalahkan Nusa Tenggara Timur di tempat yang sama, Sabtu (16/9) siang pukul 11.00 WIB.

Tim Jateng sebelumnya merupakan runner up Grup B babak penyisihan FFI Futsal Championship 2017 yang digelar pada Agustus lalu di GOR ITB Jatinangor. Mereka kembali datang ke Jawa Barat pada Kamis (14/9) kemarin untuk menjalani babak delapan besar.

''Kami menambah empat pemain di delapan besar kali ini dengan memasukkan Anton Cahyo, Danang Kurniadi, Ahmad ''Ewo'' Khoeron, M Zakariyya. Sehingga ada 20 pemain yang kami bawa. Hasil di delapan besar ini kami syukuri meski pemain kerap melakukan kesalahan sendiri,'' ujar Pelatih futsal Jateng, Adi Wibowo usai laga.

Di pertandingan yang disiarkan televisi swasta nasional ini, Sumut yang berhasil unggul lebih dulu lewat sepakan Suharta di menit ke-10. Namun kelengahan penggawa Sumut pasca gol pertama, dimanfaatkan Jateng beberapa detik kemudian lewat Ahmad Wilarso. Laga kembali imbang dengan skor 1-1, Jateng lebih punya banyak peluang untuk menyerang.

Agresif

Skuat provinsi ini punya beberapa pemain bertipikal agresif. Akhirnya Jateng berhasil berbalik unggul di menit 19 lewat gol Ahmad Zakariya. Skor 2-1 menutup laga babak pertama. Di babak kedua, Sumut bermain lebih menyerang. Hasilnya mereka menyamakan kedudukan di menit 25 lewat gol kedua Suharta. Namun tak lama kemudian Anton Cahyo berhasil membuat Jateng kembali unggul, 3-2.

Sumut mencoba mengejar. Di menit 36, skuad asuhan Fandy Butarbutar menerapkan skemapowerplay. Skema ini menghasilkan satu gol di menit 39 lewat sepakan Muhammad Iqbal. Skor kembali imbang 3-3. Jateng punya kesempatan menutup waktu normal dengan kemenangan sayang sepakansecond penaltyAnton Cahyo yang merupakan penggawa timnas futsal di SEA Games 2017 gagal menjadi gol. Laga dilanjutkan lewat 2x5 menit babak tambahan.

Di babak tambahan,second penaltyJateng kembali gagal di babak pertama. Namun dipercobaan ketiga penggawa BJL 2000 Shiba Semarang sekaligus kapten Jateng, Faisal Rahmad, berhasil menceploskan bola penalti. Keunggulan ini tak lama, Suharta kembali menjadi jalan keluar sumut lewat golnya di menit 48. Skor 4-4 memaksa kedua tim memainkan adu penalti.

Di babak adu penalti, dua kiper Jateng, Willys Mulyana dan Joko Prasetyo berhasil menggagalkan dua penalti Sumut. Sedangkan dua eksekusi penalti jateng sukses dan membuat mereka lolos ke semifinal menggugurkan Sumut "Kami manfaatkan waktu istirahat yang ada untuk pemulihan kondisi pemain. Semoga para pemain bisa lebih baik lagi saat menghadapi Sulsel di babak semifinal," tandas Adi.

(M Alfi Makhsun /SMNetwork /CN26 )