image

Foto: Dan Istitene/Getty Images

14 September 2017 | 10:01 WIB | Liga Champions-Europa

Kecerobohan Lini Belakang Jadi Penyebab Kekalahan Borussia Dortmund

LONDON, suaramerdeka.com- Kecerobohan lini belakang disinyalir pelatih Borussia Dortmund, Peter Bosz sebagai penyebab kekalahan timnya dari Tottenham Hotspur. Meski harus tumbang, Dortmund dinilai Bosz sudah tampil oke. "Saya kecewa karena kami seharusnya mendapatkan hasil yang lebih baik dari pertandingan ini. Yang paling penting, kami bermain bagus di babak pertama, tapi dua kali ceroboh," kata Bosz seperti dikutip dari situs resmi klub.

Bertandang ke Wembley Kamis (14/9) dini hari, Dortmund gagal membawa pulang poin setelah harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor 1-3. Son Heung-min membawa Spurs unggul lebih dulu di menit keempat sebelum Dortmund menyamakan skor di menit ke-11 melalui kaki Andriy Yarmolenko.

Pada akhirnya, Harry Kane sukses mencetak dua gol sekaligus memastikan Spurs keluar sebagai pemenang. Menurut Bosz, Dortmund sudah tampil bagus di laga ini. Namun, dia kecewa dengan barisan pertahanannya yang ceroboh dalam mengantisipasi serangan-serangan Spurs. Dortmund berhasil mendominasi jalannya pertandingan, dengan unggul penguasaan bola hingga 63 persen. Sementara itu, Spurs cenderung menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik.

"Kedua tim biasanya bermain dengan filosofi yang sama, yaitu menekan hingga pertahanan lawan dan membangun permainan dari belakang. Kami melakukannya dengan sangat baik. Kami menekan hingga ke pertahanan mereka, tapi kemudian barisan belakang harus tetap terorganisir, yang mana tidak terjadi ketika gol pertama mereka lahir. Gol-gol yang masuk ke gawang kami terlalu mudah," kata Bosz.

Dortmund untuk sementara duduk di posisi ketiga klasemen Grup H dengan poin nol. Spurs mendapatkan tiga poin dan duduk di posisi kedua. Mereka ada di bawah Real Madrid, yang mengalahkan APOEL 3-0 pada laga lainnya.

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )