image

Foto: Istimewa

14 September 2017 | 02:50 WIB | Suara Kedu

Ganjar Minta Pengrajin Genteng Kebumen Berinovasi

KEBUMEN, suaramerdeka.com- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyarankan para pengrajin genteng di Kabupaten kebumen memodernkan pembuatan genteng, sehingga mampu bersaing dengan hasil produksi pabrik.

"Selalu saja kalau sifatnya industri rumah tangga agak sulit bersaing lawan pabrikan. Kalau ini bisa dimodernisasi, saya kira Sokka (merek genteng) akan berkibar," kata Ganjar usai berdialog bersama pengusaha dan pelaku industri genteng di Kabupaten Kebumen, Rabu (13/9) seperti dikutipAntara.

Ganjar mengatakan, pemodernan pembuatan genteng bisa dilakukan para perajin dengan menerapkan teknologi pada setiap tahapan pembuatan genteng, mulai pengukuran kadar tanah yang akan dijadikan bahan baku, pengolahan, pencetakan hingga pengeringan.

Menurut Ganjar, Jika hal tersebut dilakukan, berarti para perajin genteng membutuhkan laboratorium untuk menguji kadar tanah yang paling baik dibuat genteng.

"Perlu suntikan teknologi dan dana dari pemerintah untuk menggerakkan perekonomian di tingkat desa sehingga kesejahteraan perajin genteng bisa meningkat," ujarnya.

Selain itu, Ganjar juga meminta agar perajin genteng Sokka di Kabupaten Kebumen yang berjumlah sekitar 1.000 orang, membentuk lembaga koperasi sehingga memudahkan dalam berkoordinasi, serta penyaluran bantuan permodalan.

Mantan anggota DPR RI itu menawarkan diversifikasi kepada para perajin genteng guna mengantisipasi kebangkrutan.

"Umpama belajar teknologi keramik yang lain, seperti alat rumah tangga atau kerajinan yang lain, tidak hanya memproduksi genteng sehingga nanti bisa berkembang jauh lebih banyak," katanya.

(Ant /CN39 )