image

Foto: metrotvnews

13 September 2017 | 19:02 WIB | Ekonomi dan Bisnis

Sektor Jasa Tumbuh Tinggi

BANDUNG, suaramerdeka.com -Sektor jasa menunjukan tren positif. Kondisi ini dinilai mempunyai keterikatan kuat dengan keberadaan generasi milenial. Karenanya, perubahan itu perlu diantisipasi secara cermat. Hal tersebut dikatakan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati saat memberikan paparan pada Silaturahim Kerja Nasional Saudagar Muhammadiyah di Bandung, Rabu (13/9).

"Sektor jasa tumbuh di antaranya konsumsi, transportasi, dan jasa keuangan. Ini ada hubungannya dengan generasi milenial yang mempunyai daya beli namun namun mempunyai pola konsumsi yang berubah," tandasnya.

Generasi tersebut, jelasnya, mengandalkan teknologi secara massif. Mereka bukan lagi generasi baby boomer yang menempatkan kepemilikan rumah atau mobil sebagai sebuah impian. Milenial adalah kebalikannya. "Bagi mereka, kenapa harus punya mobil kalau bisa pakai Uber," tandasnya sambil menyebutkan kekuatan generasi tersebut yang mempunyai mobilitas luar biasa dengan mengandalkan jaringan yang disediakan teknologi.

Karenanya tak heran, kehadiran mereka menggerus pula sektor retail. Toko dan mal sepi karena tergilas belanja online. Tanpa menyebutkan angka, kondisi tersebut terekam melalui instrumen kementerian. "Dalam 8 bulan terakhir, PPN jasa pengiriman naik tinggi, ini yang menyebabkan toko lesu sementara jasa pengiriman naik luar biasa," tandasnya.

Dengan kenyataan tersebut Sri Mulyani mewanti-wanti perubahan tersebut jangan sampak dilawan. Percuma. Semua pihak disarankan bisa menyesuaikan dengan cara menunggangi perubahan itu. "Sebagai policy maker, perubahan teknologi ini perlu dipikirkan benar karena akan menghilangkan sejumlah pekerjaan. Bahkan nanti Satpam pun tak dibutuhkan karena ada drone, jadi ke depan perlu pekerjaan baru yang perlu di-create, tapi ini butuh skills, pendidikan, dan mindset. Tanpa itu, bagi yang tak siap ya jadi frustasi," katanya.

(Setiady Dwi /SMNetwork /CN38 )