image

Kondisi bekas kebakaran bangunan cagar budaya Pasar Johar, Semarang, Jateng (Foto Istimewa)

13 Oktober 2017 | 19:44 WIB | Semarang Metro

Pasar Johar Baru Segera Dibangun

  • - Distaru Gandeng BPCB dan TP4D

SEMARANG, suaramerdeka.com -Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang sangat berhati-hati dalam melakukan perbaikan Bangunan Cagar Budaya (BCB) Pasar Johar. Selain nilai proyek yang besar, yakni Rp 46,971 miliar, paket proyek tersebut juga dilakukan di bangunan cagar budaya. 

Karenanya, Distaru menggandeng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, dan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Semarang, selama proyek berlangsung. Harapannya, tidak terjadi masalah saat proyek selesai. 

''Dalam perbaikan BCB, perlu penanganan khusus. Anggaran yang diperlukan juga akan lebih besar dibandingkan melakukan perbaikan gedung biasa. Karenanya, kami menggandeng BPCB dan TP4D selama proyek berlangsung,'' ujar Kepala Distaru Kota Semarang, Agus Riyanto, kemarin. 

Saat ini, imbuhnya, pekerjaan terus dilakukan. Setelah membongkar bangunan tambahan di BCB Blok Utara, pembongkaran untuk bangunan tambahan yang mengubungkan Blok Utara dan Blok Tengah juga sedang dilakukan. Pembongkaran tersebut dikarenakan, bangunan tersebut bukan BCB. 

Adapun Sekretaris Distaru Kota Semarang, M Irwansyah menuturkan, untuk perbaikan sendiri masih fokus di Blok Utara. Pasalnya, pada 9 Mei 2015 lalu, kebakaran dimulai dari Blok Utara, kemudian baru menuju ke selatan dan ke barat atau Pasar Yaik. 

''Penguatan dengan pemasangan struktur baja Wide Flange (FW) disesuaikan dengan kondisi kerusakannya. Jadi belum tentu seluruh bangunan dipasang FW. Keutuhan bangunan juga akan dipertahankan, agar bentuk asli warisan budaya ini tidak hilang,'' tambah Irwansyah.
 
Lelang

Sementara pembangunan Pasar Johar Baru di eks Pertokoan Pasar Kanjengan memasuki babak baru. Pemenang lelang proyek senilai Rp 93 miliar dari Kementerian Perdagangan sudah diketahui. PT Sinar Cerah Sempurna-PT Enta KSO menjadi pemenang lelang dengan tawaran Rp 87,31 miliar. 

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto menuturkan, saat ini sudah memasuki tahap penyusunan dokumen. Diperkirakan, pada pekan depan, pembangunan Pasar Johar Baru sudah bisa dimulai. Sesuai dengan kontrak, pekerjaan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. 

Dia menambahkan, dari empat lantai yang direncanakan, pembangunan tahap awal ini hanya untuk membuat pondasi, dan bangunan hingga dua lantai saja. Adapun sisa bangunan, akan dilanjutkan pada 2018 mendatang. Pihaknya, juga kembali mengajukan bantuan keuangan ke Kementerian Perdagangan. 

''Kontraktor harus bergerak ekstra cepat untuk menyelesaikan paket proyek ini. Pasalnya, sesuai dengan kontrak, mereka hanya punya waktu 60 hari. Namun, saya rasa, mereka sudah siap dengan hal tersebut, saat mengikuti lelang,'' tutur Fajar Purwoto, Jumat (13/10). 

Pembangunannya, ujar Fajar, juga perlu ada penanganan khusus. Pasalnya, letak Pasar Johar Baru berdekatan dengan BCB Pasar Johar. Dia tidak ingin, saat pembangunan, justru akan merusak BCB yang kekuatannya saat ini sudah sangat berkurang, pasca terbakar. 

(Hendra Setiawan /SMNetwork /CN19 )