image

PERIKSA PERALATAN : Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan didampingi Wakapolres Kompol Dyah Wuryaning Hapsari, memeriksa peralatan personel saat Apel Kesiapan Natal-Tahun Baru dan Pilgub Jateng di mapolres, kemarin. (Foto suaramerdeka.com/Surya Yuli P)

13 Oktober 2017 | 19:30 WIB | Semarang Metro

Polres Salatiga Perbarui Peralatan 

  • - Apel Kesiapan Natal-Tahun Baru dan Pilgub Jateng

SALATIGA, suaramerdeka.com- Polres Salatiga berupaya memperbarui (upgrade

) dan menambah sejumlah peralatan penunjang tugas anggota kepolisian di lapangan. Adanya peralatan terbaru tersebut bertujuan meningkatkan keamanan anggota dan menunjang penyelesaian tugas dalam berbagai penanganan tindak kriminal.

Hal tersebut ditegaskan Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan saat apel gelar sarana dan prasarana dalam rangka kesiapan menghadapi Natal-Tahun Baru 2018 dan Pilgub Jateng 2018, di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, kemarin. 

''Contohnya ada beberapa peralatan baru seperti rompi antipeluru bagi anggota yang lebih praktis digunakan, dan peralatan lainnya. Semuanya masih dalam pengusulan,'' kata Yimmy.

Dijelaskannya penambahan peralatan baru tersebut sangat penting, karena sebagai upaya memperlengkapi anggota dengan peralatan standar kepolisian, guna menyelesaikan tugasnya. Di sisi lain personel juga diminta untuk menjaga dan merawat peralatan tersebut sebaik mungkin.
 
Kapolres menerangkan, apel itu bertujuan untuk mempersiapkan dan memantapkan kesiapan Polres Salatiga menghadapi berbagai agenda kegiatan di Jateng seperti Pilgub Jateng 2018. Bila masih ada kekurangan peralatan, maka akan segera di benahi. Dalam apel tersebut Kapolres memeriksa satu persatu peralatan yang ada, di antaranya 41 unit mobil, 172 unit sepeda motor, 6 unit inavis kit, puluhan rompi antipeluru, dan lainnya.

Terawat

Menurutnya secara keseluruhan sarana dan prasarana yang dimiliki Polres Salatiga dalam keadaan baik dan terawat. Namun ada beberapa kendaraan yang memerlukan perawatan lebih, karena faktor usia kendaraan tersebut.

Selain penyempurnaan peralatan, Polres Salatiga juga berupa meningkatkan kemampuan personel dalam penguasaan tugas yang akan diembannya. Sebagai contoh pemahaman aturan perundangan Pemilu atau Pilkada. Lalu memperkuat pemahaman penanganan tindak pidana pemilu dan lainnya. 

Tidak ketinggalan pelatihan kecakapan personel dalam rangka penanggulanan aksi-aksi kekerasan, termasuk penanggulangan kerusuhan. 

''Kita berharap tidak ada aksi yang mengkhawatirkan di Kota Salatiga, karena dari pengalaman Salatiga kota yang aman. Meski demikian Polres Salatiga harus siap  setiap saat,'' tegas Kapolres didampingi Wakapolres Salatiga Kompol Dyah Wuryaning Hapsari. 

(Surya Yuli P /SMNetwork /CN19 )