image

LAYANI PEMOHON: Kanit Regident Satlantas Polres Pekalongan Kota Ipda Eka Santosa, melayani pemohon cek fisik kendaraan di Kantor Samsat Pekalongan. (suaramerdeka.com/Kuswandi)

13 Oktober 2017 | 18:25 WIB | Suara Pantura

Cek Fisik Kendaraan di Pekalongan Dipastikan Gratis

  • Layanan di Samsat Pekalongan

PEKALONGAN,suaramerdeka.com- Pengecekan fisik kendaraan bermotor di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) atau Samsat Pekalongan bebas biaya alias gratis. Itu sebagai bentuk pelayanan prima terhadap para pemohon, sebagaimana menjadi program Kapolri yakni profesional, modern dan terpercaya (Promoter). Bahkan, di lokasi pelayanan, dipasang spanduk layanan gratis, serta tertera nomor telepon yang bisa dihubungi baik melalui pemanggilan maupun layanan pesan singkat (SMS).

"Layanan cek fisik kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil dipastikan gratis. Pemohon hanya membayar tarif biaya Penerimaam Negara Bukan Pajak (PNBP) yang sudah ditentukan. Jadi, biaya diluar PNBP tidak ada," tegas Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Wulansari Rachmawati, kepada suaramerdeka.com, mewakili Kapolres AKBP Ferry Sandy Sitepu, Jumat (13/10). 

Dikatakan, layanan dimaksud itu sebagai bentuk komitmen Satlantas Polres Pekalongan Kota dalam mendukung pemberantasan pungutan liar, sekaligus sebagai tindak lanjut perintah Presiden RI Joko Widodo melalui Kapolri dalam program prioritas Promoter tersebut. "Jadi ketika ada pungutan liar, masyarakat bisa langsung SMS ke nomor yang tertera pada spanduk," tegasnya.

Setiap pengaduan yang diterima dari masyarakat, lanjut, akan ditindaklanjuti. Pihaknya menambahkan, di spanduk yang terpasang, juga tertera biaya-biaya yang meski dibayar.

Disamping itu, petugas cek fisik juga mengenakan pakaian yang bertuliskan cek fisik gratis. Itu sebagai bentuk komitmen Satlantas Polres Pekalongan Kota beserta jajaran untuk memerangi adanya pungutan liar.

(Kuswandi /SMNetwork /CN38 )