image

Ilustrasi: Istimewa

13 Oktober 2017 | 17:34 WIB | Nasional

Indonesia Pionir Pendekatan Peacebuilding dalam Atasi Ekstremisme

JAKARTA,suaramerdeka.com- AMAN Indonesia bekerjasama dengan Action Asia akan menyelenggarakan 6th Peacebuilders’ Forum pada 16–18 Oktober 2017 di Hotel Le Meridien, Jakarta. Dalam forum yang akan dibuka Wakil Presiden Indonesia Dr Jusuf Kalla, Action Asia mengangkat tema Pencegahan Kekerasan Ekstremisme melalui Perspektif Peacebuilding.

"Ini merupakan pertama kalinya pembahasan mengenai ekstremisme kekerasan dilakukan menggunakan perspektif Peacebuilding. Metode ini akan memberikan pemahaman kontekstual yang lebih mendalam, aksi kolaboratif lintas batas, dan membangun lingkungan yang saling mendukung dalam pengimplementasian kebijakan terkait ekstremisme kekerasan," ujar Ruby Khalifah, country representative AMAN Indonesia, Jumat (13/10).

Lebih lanjut, perempuan pemenang N-peace Award 2016 itu memberi penegasan bahwa forum yang akan dihadiri oleh 300 peserta dari berbagai LSM serta perwakilan pemerintah dari 16 negara di Asia Pasifik dan lainnya ini menjadi sangat strategis bagi Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Sebab, khusus kawasan Asia Pasifik yang menjadi salah satu sasaran utama ekstremisme kekerasan, pendekatan inovatif dengan meningkatkan kapabilitas aparatur penegak hukum atau yang terkait pencegahan dan penanganan ekstremisme kekerasan menjadi sangat relevan.

Acara ini rencananya menghadirkan lebih dari 15 pakar Peacebuilding dan Ekstremisme Kekerasan se-Asia Pasifik, di antaranya adalah Prof Azyumardi Azra (ID), Simon Park (UNODC) dan Amina Rasul (Filipina).

"Dalam forum ini peserta akan mengeksplorasi beragam aspek dan dinamika ekstremisme, progres kebijakan di tingkat nasional maupun regional, dan berbagai program serta langkah-langkah efektif untuk menangkal ancaman yang muncul dari ekstremisme kekerasan," pungkas Ruby.

(Satrio Wicaksono /SMNetwork /CN38 )