image

Alur Sungai Gamping di perbatasan Desa Burikan, Kecamatan Cawas mulai dinormalisasi mengantisipasi banjir. (suaramerdeka.com/ Achmad Hussain)

13 Oktober 2017 | 12:33 WIB | Solo Metro

Daerah Hilir Mulai Siaga Hadapi Banjir

KLATEN, suaramerdeka.com -Daerah hilir di Kabupaten Klaten mulai siaga banjir menyusul datangnya musim hujan. Berbagai langkah dilakukan mulai pengerukan sungai dan pembersihan sampah. Kepala Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Maryadi mengatakan pemerintah desa mulai menormalisasi sungai Gamping beberapa hari ini. 

"Pemerintah desa berinisitif melangkah sebab hujan mulai datang," jelasnya, Jumat (13/10). Dikatakannya, alur Sungai Gamping sepanjang dua kilo meter yang melintas di perbatasan Desa Burikan dan Karangasem, Kecamatan Cawas dikeruk dan dibersihkan dari penghambat aliran.

Tanggul yang kiritis dibangun kembali semampu kekuatan pemerintah desa dan warga. Normalisasi menggunakan dana bantuan keuangan dari APBD 2017.

Hal itu dilakukan mengingat alur sungai itu rawan jebol tanggul setiap banjir tahunan datang. Tanggul rawan jebol sebab arus banjir di sungai itu sangat kuat. Meskipun saat musim kemarau tidak ada airnya tetapi saat hujan datang sangat besar debitnya.

Sungai itu menampung air dari wilayah Kabupaten Klaten maupun perbukitan Kabupaten Gunung Kidul. Padahal tanggul sungai mayoritas masih berupa tanah. Akibatnya setiap tahun ada tanggul jebol dan lahan padi terendam.

Ancaman banjir bandang dari tanggul yang jebol bisa melumat 50 hektare lahan pertanian di Desa Burikan.

Menurut Camat Cawas, Much Nasir dibandingkan kecamatan lain, wilayahnya paling rawan. "Ada tiga aliran sungai besar yang melintas," katanya.

Di selatan ada Sungai Gamping dan Jaran. Di utara ada Sungai Dengkeng yang menjadi hulu Sungai Bengawan Solo. Ada tujuh desa rawan banjir mulai Desa Burikan, Karangasem, Bawak, Tlingsing, Japanan, Bawak dan Balak.

Pemerintah kecamatan sudah menggelar rakor kebencanaan dengan semua Kades dan sukarelawan untuk menangani segala kemungkinan.

(Achmad Hussain /SMNetwork /CN33 )