image

Petugas Provos memeriksa senjata api milik personel Polres Kendal. (suaramerdeka.com/ Rosyid Ridho)

13 Oktober 2017 | 11:33 WIB | Semarang Metro

Provos Periksa Senjata Api Anggota Polres Kendal

KENDAL, suaramerdeka.com –Ratusan senjata api milik anggota Polri dilakukan pemeriksaan fisik dan surat kelengkapan. Pemeriksaan yang dilakukan Bidang Provos Polres Kendal dilakukan secara mendadak sesuai apel pagi, Jumat (13/10) di halaman Mapolres Kendal.

Satu persatu senjata api milik personel diperiksa. Hasilnya, dalam pengecekan yang dipimpin Wakapolres Kompol Sugiyatmo itu, lebih dari 140 senjata api masih layak digunakan.

Kapolres Kendal AKBP Adi Wijaya, mengatakan pengecekan senjata api rutin dilakukan. Waktunya pun sewaktu-waktu. Hal itu untuk mengetahui kondisi senjata api yang dipegang anggota baik itu laras panjang maupun pendek atau pistol.

"Ini rutin dilakukan. Semua senjata anggota polres maupun polsek kami periksa. Pengecekan tidak terkait sama sekali dengan kejadian penembakan anggota Brimob yang diduga dilakukan rekannya sendiri di Blora," katanya.

Kompol Sugiyatmo menambahkan, selain pemeriksaan senjata secara fisik, juga dilakukan tes psikologi bagi personel yang memegang senjata api. Tes psikologi agar bisa mengetahui pengguna senjata api secara maksimal oleh personel.

Selain itu untuk menghindari penyalahgunaan senjata oleh personel. Tes psikologi rutin dilakukan enam bulan sekali. Dengan begitu anggota yang memegang senjata api mempunyai legalitas.

"Pemeriksaan ini untuk pengawasan dan pendampingan bagi anggota Polres Kendal sekaligus untuk persiapan pengamanan natal dan tahun mendatang," tambahnya.

(Rosyid Ridho /SMNetwork /CN33 )