image

Sekda Nasikhin saat membuka kegiatan ekspose data stategi tahun 2017. (suaramerdeka.com/ Kasirin Umar)

13 Oktober 2017 | 09:38 WIB | Suara Pantura

Sekda Kabupaten Batang Tekankan Pentingnya Membangun Basis Data 

BATANG, suaramerdeka.com– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang Nasikhin mengatakan, perencanaan tanpa data ibarat orang di hutan belantara disuruh berjalan, tidak tahu arah mau ke mana, sehingga ia akan kebingunan mencari arah. 

Sekda Kabupaten Batang Nasikhin mengatakan hal tersebut saat membuka Expose Data Strategis Tahun 2017 di Hotel Sendang Sari Batang, Kamis (12/10).

"Membangun basis data sangat penting dan sangat mahal. Namun pembangunan tanpa basis data jauh lebih mahal. Karena pembangunan tanpa basis data akan bisa jadi perencanaannya bisa keliru dan menghambur – hamburkan uang," kata Nasikhin.

Ia juga mengatakan dalam sebuah organisasi juga diperlukan data yang di dalamnya membutuhkan data personel dan data Sumber Daya Manusia (SDM) dengan standar kompetensinya.

Apalagi di sebuah pemerintahan yang telah diatur dalam perundang – undangan No 11 Tahun 2017 tentang manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), bagaimana untuk mengorganisir ada ketentuan – ketentuan yang harus dilaksanakan.

"Dalam pengorganisasian pun data sangat penting karena dalam pelaksnaan data sebagai bukti untuk mengukur capaian kinerja atau program yang sudah dilaksanakan sesuai, sehingga dapat dijadikan data indikator keberhasilan sebuah pekerjaan," sebut Nasikhin.

Bupati Batang dalam rangka pencapaian visi misi, tambah Sekda, melaksanakan dua strategi berbasis data, yang menerapkan teknologi informasi untuk kelancaran tugas guna mengembangkan smart city atau kota yang cerdas. Dengan sistem informasi menejemen yang tentunya butuh data yang akurat.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang Fenny Susanto menambahkan, berdasarkan data statistik dari BPJS Kabupaten Batang data jumlah penduduk mencapai 749.720 jiwa yang terdiri 374.375 laki – laki dan 375.345 perempuan. Sehingga sex ratio 100,26% atau setiap 100 penduduk laki – laki terdapat sekitar 101 penduduk perempuan. Adapaun kepadatan pnduduk 951 jiwa/km yang artinya setiap km ditempati sekitar 951 jiwa.

 

(Kasirin Umar /SMNetwork /CN33 )