image

Foto: berita raya

13 Oktober 2017 | 07:24 WIB | Solo Metro

Embung Segera Dibangun di Kampung Halaman Leluhur Jokowi

  • Saat Kemarau Pertanian Rawan Kekeringan

BOYOLALI, suaramerdeka.com- Kesulitan air yang dihadapi petani Desa Giriroto, Ngemplak Boyolali setiap tahunnya bakal terpecahkan, setelah pemerintah pusat berencana membangun embung di kawasan itu. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum sudah menetapkan lokasi pembangunan embug di sekitar Giriroto yang tak lain adalah kampung halaman leluhur Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani menuturkan, kesulitan air yang dihadapi petani di Giriroto sekitarnya harus dicarikan solusi. "Salah satunya adalah membuat sumber air buatan seperti embung yang bisa menampung air dalam jumlah besar untuk pengairan pertanian," ucapnya melalui pesan singkat, Kamis (12/10).

Anggota Badan Anggaran DPR RI dari Partai Golkar ini yakin setelah embung selesai dibangun dan dioperasionalkan, bidang pertanian di wilayah ujung timur Boyolali bakalan bangkit. Apalagi Kemen PU juga akan mengeruk Waduk Cengklik yang selama ini menjadi andalan petani di Ngemplak. "Iya di sana (Desa Giriroto-red) perlu dibangun embung. Demi membangkitkan lagi pertanian di sina," imbuhnya.

Dikatakan, sesepuh Desa Giriroto pernah menyampaikan kepada dirinya kala berkunjung beberapa waktu lalu. Bahwa dulunya Giriroto menjadi salah satu penghasil padi, karena aliran Waduk Cengklik sampai ke desa ini.  Tetapi kini hal itu tak terjadi karena air waduk sulit menjangkau daerah pinggiran ini. "Semoga setelah proyek (pengerukan waduk dan pembangunan embung-red) itu dikerjakan. Harapan petani di Giriroto dan daerah pinggiran bisa menikmati pengairan terwujud."

(Budi Sarmun /SMNetwork /CN26 )