image

Foto: istimewa

13 Oktober 2017 | 06:36 WIB | Nasional

Polpum Diharap Cari Dalang Aksi Anarkis di Kemendagri

JAKARTA, suaramerdeka.com –Jajaran Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diharap membongkar siapa pihak yang mendalangi aksi anarkis di Kemendagri pada Rabu (11/10) kemarin.

"Dirjen Polpum (Soedarmo) harus cari akar masalahnya, siapa yang bermain, siapa yang mendanai mereka," kata  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dalam pesan singkatnya, Kamis (12/10).

Tjahjo menuturkan, kasus perusakan tersebut mengecewakan, bahkan seolah menampar wajahnya selaku menteri. Padahal, perwakilan massa yang berasal dari Kabupaten Tolikara ini sudah dua kali diterima Mendagri. "Mereka sudah kita terima baik-baik, bahkan saya terima secara resmi di ruangan kerja bersama eselon I dan II terkait di Kemendagri," ujar dia.

Diakui Tjahjo, dirinya dan pihak Kemendagri telah berkali-kali memberikan pemaparan kepada para perwakilan Tolikara ini. Namun, tetap saja mereka malah berbuat brutal dan anarkis. "Saya sudah jelaskan, Mendagri tidak bisa mengubah putusan MK dan tak bisa menarik SK lalu mengubahnya untuk menetapkan pasangan calon yang kalah. Namun mereka berpegang kalau ini bisa dilakukan," kata dia.

(Andika Primasiwi /SMNetwork /CN26 )