image

Foto: suaramerdeka.com / dok

13 Oktober 2017 | 06:12 WIB | Nasional

Peluncuran Whistleblowing System di ASDP Diapresiasi

JAKARTA, suaramerdeka.com- Direktur Pengaduan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi, Eko Marjono mengapresiasi peluncuran Whistleblowing System di lingkungan kerja PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) karena telah mendukung program Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Tanah Air sesuai dengan UU No 31 Tahun 1999. “Whistleblowing System yang mengedepankan upaya pencegahan ini sangat penting  agar praktik kecurangan dapat diminimalisasi,” ujarnya.

Bahkan, menurut Eko, efektivitas pengaduan oleh masyarakat sangat tinggi, menyusul banyaknya kasus-kasus penyimpangan korupsi yang ditangani oleh KPK merupakan hasil aduan dari masyarakat. Ia menyebutkan, KPK menerima pengaduan dari masyarakat terkait praktik kecurangan dan korupsi mencapai 7.000 laporan per tahunnya.

“Dari total pengaduan yang diterima KPK, sekitar 80 persen merupakan laporan dari masyarakat, yang kemudian kami tindaklanjuti. Karenanya, peran serta masyarakat sangat besar dalam pemberantasan tindak pidana korupsi,” ujarnya.

Eko berharap, dengan adanya penerapan Whistleblowing System di lingkungan perusahaan, tujuan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjadi perusahaan BUMN yang besar namun bersih dan sehat, dapat tercapai sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(Budi Nugraha /SMNetwork /CN26 )