image

Foto: istimewa

13 Oktober 2017 | 05:12 WIB | Nasional

Bulan Ini, Bandara Silangit Resmi Layani Penerbangan Internasional

JAKARTA, suaramerdeka.com -Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengungkapkan, bandara Silangit di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, akan resmi melayani penerbangan rute internasional bulan ini. "Dengan status Bandara Internasional ini diharapkan jumlah wisatawan yang mengunjungi danau Toba melalui bandara Silangit akan semakin bertambah," ujarnya. 

Rencananya bulan Oktober ini peresmian rute internasional akan dibarengi dengan peresmian terminal baru yang megah dengan runway sepanjang 2.650m x 45 m yang akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. "Yang tadinya bandara untuk penerbangan perintis bersubsidi, sekarang memperoleh lompatan ke bandara umum internasional dengan selling point wisata keindahan alam Danau Toba," kata Agus.

Agus mengatakan, Presiden Jokowi tahun lalu telah memerintahkan agar Garuda menerbangi rute commercial non subsidi dari dan ke Bandara ini. Saat itu hanya diterbangi penerbangan perintis bersubsidi dengan penumpang yang hanya 12 sampai 24 orang sekali angkut dengan pesawat kecil.

Namun demikian, saat ini di luar dugaan dimulai dengan pesawat ATR-72 lalu kapasitas CRJ-1.000 bahkan pesawat kapasitas di atas 100 penumpang dengan pesawat Boeing 737 pun penumpang tujuan Silangit semakin meningkat.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang telah melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit yakni maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air. Kehadiran Bandara Silangit memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar.

"Merealisasikan kemandirian ekonomi masyarakat seperti tertuang dalam Nawacita Jokowi butir tujuh nampaknya akan tepat diterapkan melalui perbaikan infrastruktur udara seperti Airport, Airline, serta AirNavigation dikombinasikan dengan keindahan alam serpihan surga yang dipunyai Indonesia akan tercipta pertumbuhan ekonomi yang signifikan untuk daerah yang memiliki potensi besar dengan kelebihan tepian danau Toba yang berada di Silangit Siborong-borong, Tapanuli Utara ini," jelas Agus.

(Budi Nugraha /SMNetwork /CN26 )