image

Penasehat Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Wonosobo, Agus Purnomo berfoto bersama dengan pelaku wisata Dusun Panto Desa Pecekelan Kecamatan Sapuran, Wonosobo yang memiliki sejumlah objek wisata unggulan, kemarin. (sm/dok)

13 Oktober 2017 | 01:47 WIB | Suara Banyumas

Pelaku Wisata Dusun Panto Berbenah

WONOSOBO, suaramerdeka.com -  Pelaku wisata di Dusun Panto Desa Pecekelan Kecamatan Sapuran, Wonosobo berambisi besar menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Wonosobo.

Berbagai pembenahan dilakukan, karena dusun tersebut menyimpan potensi sekitar enam objek wisata alam yang menawan berbasis keindahan panorama perbukitan dan air terjun setinggi kurang lebih 30 meter, serta didukung potensi kuliner khas lokal setempat.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dusun Panto, Tohasim mengaku optimistis, dusun yang berlokasi tak lebih dari tiga kilometer arah selatan dari pusat Kecamatan Sapuran tersebut mampu berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan.

"Hal ini karena keindahan panorama alam di dusun kami yang sangat cocok untuk wahana rekreasi outbond, trabas motor hingga wisata air dan agrowisata," ungkapnya kemarin.

Belum lagi, kata dia, dukungan dari Kelompok Wanita Kreatif Dusun Panto yang saat ini berupaya mengoptimalkan potensi kuliner khas berbahan dasar ketela, serta berbagai kerajinan tangan yang nantinya menjadi daya tarik wisatawan.

Keenam objek wisata utama yang akan menjadi unggulan Dusun Panto, antara lain, taman senggani, gua lawa, curug kembar, panjat tebing batu lawing, agrowisata kebun buah, serta pohon bunga empat musim. 

"Nantinya bebagai potensi objek tersebut bakal dikemas dalam satu paket bernama Pakis Menjangan. Pengunjung juga akan kami ajak menikmati semuanya, termasuk menginap di homestay rumah warga dan menikmati kuliner khasnya," tandas Tohasim di sela mengiringi kunjungan Penasehat Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Wonosobo, Agus Purnomo ke sejumlah objek wisata dusun setempat kemarin.

Sementara itu, Koordinator Pokdarwis Wonosobo, Ubiyanto mengaku beberapa bulan terakhir mendampingi warga Dusun Panto memoles potensi wisatanya. Dia juga menyebut keunikan objek wisata di dusun itu layak untuk dikembangkan.

"Selain memang memiliki keindahan alam,  Dusun Panto juga didukung komitmen warga yang serius menginginkan kemajuan dan optimalisasi potensi-potensi yang mereka miliki," terang dia.

Dengan segala kelebihan itulah, Ubiyanto meyakini kelak setiap wisatawan yang berkunjung ke Panto bakal membawa pengalaman berkesan.

Warga setempat juga siap mengantar para pengunjung mengelilingi perbukitan Pakis Menjangan, menikmati hutan pinus dengan motor trail serta menyiapkan sarana penunjang seperti fasilitas parkir maupun toilet. 

"Kesungguhan warga dalam pengembangan potensi pariwisata kami sangat apresiasi positif," aku dia.

Senada, Penasehat HPI Wonosobo, Agus Purnomo mengaku terkesan dengan keindahan alam di kawasan Dusun Panto.

Setelah melihat objek-objek unggulan Dusun tersebut, dirinya optimis jika dikelola serius akan memberikan dampak sangat positif bagi warga. Apalagi didukung keramahan warga dan keterampilan mengolah potensi pangan lokal.

"Kami harap komitmen warga mendapat dukungan pemda, khususnya untuk memperbaiki akses jalannya," ujarnya.

(M Abdul Rohman /SMNetwork /CN34 )