image

Foto: Sipol KPU

12 Oktober 2017 | 23:30 WIB | Nasional

Hanura: Sipol Efektif Membantu Partai Politik

JAKARTA, suaramerdeka.com -Wakil Sekretaris Jenderal DPP Hanura, Mukhtar Tompo, menyerahkan berkas pendaftaran Partai Hanura, ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jl. Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (12/10). Dalam kesempatan itu pihaknya  mengapresiasi kinerja KPU dalam menyiapkan mekanisme pendaftaran partai politik.

Mukhtar yang merupakan Sekretaris Tim Pemberkasan Verifikasi KPU DPP Hanura menjelaskan bahwa pihaknya telah mengikuti semua syarat yang tertuang dalam UU No. 7 tahun 2017, dan juga PKPU No. 11 thn 2017.

“Meski persiapannya cukup singkat, tetapi semuanya mampu kami selesaikan selama kurang lebih sebulan,” jelas Anggota DPR RI Fraksi Partai Hanura ini seperti dilansir RRI.

Menurut Mukhtar, partainya dapat dengan mudah mempersiapkan berkas pendaftaran, karena cukup terbantu dengan keberadaan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang dibuat KPU.

“Sistem SIPOL yang diberlakukan KPU kami nilai sangat efektif untuk kebaikan organisasi parpol secara internal, dan membantu negara dalam perbaikan administrasi parpol,” ungkapnya.

Selain itu, Mukhtar juga menyatakan bahwa SIPOL turut membantu parpol dalam merapikan database keanggotaan dan kepengurusan. Dengan kehadiran SIPOL, pihaknya tak perlu lagi repot-repot membuka UU atau PKPU, karena sistem penginputan SIPOL otomatis merujuk pada peraturan tersebut.

“Jadi, jika kita mengisi semua yang dipersyaratkan SIPOL, otomatis kita telah memenuhi berbagai persyaratan pendaftaran Pemilu yang diwajibkan UU maupun PKPU,” tandas Mukhtar.

(RRI /CN41 )