image

PRAKTIK SIMULATOR - Didampingi guru/intruktur nasional Hendrikus Hanny WP, siswa Kelas XII Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) SMKN 1 Jepara praktik simulator kapal di Sekolah, Kamis (12/10). (Foto: suaramerdeka.com/Sukardi Suripto)

12 Oktober 2017 | 21:38 WIB | Suara Muria

Andalkan Kemaritiman, SMKN 1 Jepara Siap Revitalisasi

JEPARA, suaramerdeka.com – Memiliki program unggulan kemaritiman, SMK Negeri 1 Jepara siap dengan program revitalisasi. Sekolah yang lokasinya di pesisir dan dekat muara Sungai Sekembu Desa Mulyoharjo, Jepara, itu masuk salah satu Pilot 125 SMK Unggulan di Indonesia. Dan satu-satunya di Kabupaten Jepara.

Kepala Sekolah Aris Hidayanto didampingi Waka Humas dan Hubungan Industri (Hubin) Dewi Irawati, Kamis (12/10) menjelaskan, sebagai pelaksana kegiatan revitalisasi, SMKN 1 Jepara mendapatkan pendampingan  pelaksaanaan program Dr Sri Wening. Sri merupakan dosen Universtas Negeri Yogyakarta (UNY) yang mendapatkan tugas dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Kemendikbud.

Agar pelaksanaan lebih fokus, sekolah mempercayakan Waka Ketenagaan dan Penjamin Mutu Sekolah, Kusnawadi, menjadi pimpinan progran.

Implementasi revitalisasi , papar Aris, meliputi enam hal. Pertama,  Pengembangan dan penyelarasan kurikulum. Kedua, Standarisasi Sarana dan Prasarana, Ketiga,  Peningkatan Jumlah dan Kompetensi Guru Produktif Bersertifikat dan Tenaga Kependidikan, Keempat,  Aspek Inovasi Pembelajaran, Kelima, Kerjasama Sekolah dengan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, serta Perguruan Tinggi, dan Keenam,  Pengelolaan dan Penataan Kelembagaan.

Dipaparkan, pengembangan dan penyelarasan kurikulum di SMK Negeri 1 Jepara mengacu pada KKNI, SKKNI dengan melibatkan Industri dan akademisi. Tujuan dari penyelarasan kurikulum ini untuk meningkatkan relevansi lulusan SMK agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

‘’Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) dilibatkan dalam kegiatan ini, harapannya bisa memberikan masukan kepada Sekolah tentang kebutuhan kompetensi terkini dan sebagai pendamping penyusunan kurikulum,’’ terangnya.

Revitalisasi SMK Negeri 1 Jepara  berorientasi pada kecakapan pembelajaran abad ke-21 dengan mengembangkan proses pembelajaran yang menekankan kepada high order thinking skills ( HOTS ) dan penerapan pengembangan kemampuan literasi serta penguatan pendidikan karakter.

‘’Melalui proses tersebut diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing yang tinggi, siap pakai, mampu bekerja di dunia Industri dan berwirausaha dalam pasar global dengan dilandasi softskill yang handal,’’ harapnya.

(Sukardi /SMNetwork /CN41 )