image

CENDERAMATA: Bupati Batang (kiri) dan Bupati Manggarai (kanan) saling tukar-menukar cenderamata. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

12 Oktober 2017 | 20:30 WIB | Suara Pantura

Pemkab Manggarai dan Batang Melakukan Kerja Sama di Bidang E-Goverment

BATANG,suaramerdeka.com– Bupati Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Deno Kamelus dan Bupati Batang Wihaji menandatangani Kesepakatan Kerjsa Sama dalam penyelenggaraan pemerintahan terkait implementasi pengembangan E-Goverment. Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan di ruang meeting room kantor Bupati Batang, Kamis (12/10).

Bupati Batang Wihaji mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang sudah memiliki kurang lebih 98 sistem aplikasi yang sifatnya layanan dengan teknologi, baik dari layanan e-planning, e-bugeting, simpelbang, e-sakip, e-dokuper, e-slamet, e-hibah bansos, e-santunan kematian dan layanan lainnya.

"Kita saling kerjasama apa saja yang perlu di konektingkan yakni dikerjasamakan bersama-sama dengan tujuan membangun pemerintah yang sudah baik dan agar lebih baik lagi. Dan semoga kerjasama ini terus ditindak lanjuti dan kita sama-sama belajar, karena masing-masing kabupaten/kota memiliki kelebihan dan kekurangannya," kata Wihaji.

Sementara itu Bupati Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Deno Kamelus menambahkan kedatanganya di Kabupaten Batang ingin melakukan kerjasama dengan pemkab Batang dalam rangka mengimplementasi pengembangan e-goverment.

"Awalnya kami sudah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya akan tetapi dalam perjalanannya ternyata Kota Surabaya baru memiliki e-planing, kemudian kami mendapatkan rekomendasi dari KPK untuk dapat bekerjasama dengan Batang," ujar Bupati Manggarai.

Ia menambahkan, Kabupaten Manggarai masih jauh dari e-goverment karena masih banyak yang bekerja dengan sistem manual. Oleh karena itu, sebut Deno Kamelus, pihaknya ingin belajar dan bekerjasama dengan Kabupaten Batang yang tujuannya memperat persatuan dan kesatuan bangsa dan hubungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami juga minta bantuan terkait pendalaman program e-goverment, dan bagaimana kami dapat mengadopsi sistem e-goverment ini dengan Sumber Daya Manusia yang ada. Sehingga apa yang diharapkan dari kerjasama ini untuk Kabupaten Manggarai menjadi kenyataan," papar Bupati Manggarai Deno Kamelus.

(Kasirin Umar /SMNetwork /CN38 )