image

BUKA RAKOR DAN BIMTEK: Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jateng, Ibnu Chuldun, didampingi Koordinator Kepala Unit Kemenkumham se-Eks Karisidenan Pekalongan, M Hilal, membuka rapat koodinasi dan bimtek public speaking yang digelar di Hotel Pesona Kota Pekalongan, Kamis (12/10). (suaramerdeka.com/Kuswandi)

12 Oktober 2017 | 17:05 WIB | Suara Pantura

Setiap Lapas Hingga Instansi Kemenkumham Jateng Diminta Sinergi dengan Media

PEKALONGAN, suaramerdeka.com- Setiap Lapas, Rutan, Kantor Imigrasi mau pun instansi lain di bawah Kemenkumham Jateng diminta bisa bersinergi dengan insan media. Pola komunikasi harus
dibangun, sehingga setiap informasi yang diberikan ke publik dapat tersampaikan dengan baik. Hal itu agar setiap program mau pun inovasi yang dilakukan setiap instansi dapat diketahui oleh publik.

"Kami akan terus dorong ke sana, sehingga tidak ada istilah alergi terhadap media mau pun wartawan. Oleh sebab itu, hari ini kita latih keahlian mereka dalam berkomunikasi melalui bimtek public speaking," tegas Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Ibnu Chuldun, di sela-sela membuka rapat koordinasi dan bimtek public speaking bagi Kepala Unit Kemenkumham se-Eks Karisidenan Pekalongan yang digelar di Hotel Pesona Kota Pekalongan, Kamis (12/10).

Bimtek sendiri menghadirkan pemateri Nuke Azwita, presenter MNC Media dan Head Communication Tribrata TV dari Jakarta. Selain diberikan materi, peserta bimtek langsung praktek cara menyampaikan informasi kepada publik melalui media. Masing-masing kepala unit, dilatih menjadi narasumber dengan diwawancarai oleh insan media yang sengaja dihadirkan secara langsung dalam praktek wawancara dimaksud.

Selanjutnya, usai praktek, baik dari segi materi yang disampaikan, bahasa komunikasi, serta gestur tubuh dilakukan evaluasi. "Jadi, publik speaking ini salah satu cara membekali kemampuan setiap kepala unit dalam menyampaikan informasi dengan baik dan benar," tutur Ibnu Chuldun.

Di Jateng sendiri, lanjut dia, bimtek public speaking di lingkungan Kemenkumham Jateng baru kali pertama dilaksanakan. "Bimtek di Pekalongan ini merupakan kali pertama. Ke depan, akan
digelar acara yang sama di lokasi lain. Di Jateng sendiri ada enam wilayah, satu di antaranya di Pekalongan," imbuhnya.

Melalui bimtek dimaksud, setiap kepala unit dapat menguasai kemampuan tersebut dengan baik. Sehingga, jika memang ada informasi yang harus diketahui publik, dapat menyampaikannya dengan sebaik mungkin. Bimtek sendiri diikuti setiap kepala satuan kerja. Di antaranya, Rutan Brebes, Rutan Slawi, Rutan Pemalang, Kantor Imigrasi Pemalang, Rutan dan Lapas Pekalongan, Rutan Batang,
Rupbasan mau pun Bapas se-Eks Karisinan Pekalongan.

(Kuswandi /SMNetwork /CN40 )