image

Foto: AFP

12 Oktober 2017 | 14:55 WIB | Mancanegara

Kebakaran Hutan di California Dikhawatirkan Meluas

CALIFORNIA, suaramerdeka.com -Prakiraan cuaca menunjukkan, angin kencang dan kelembaban rendah akan terjadi di utara California pada Kamis (12/10). Kondisi ini akan makin menyulitkan upaya mengatasi 22 kebakaran hutan besar di utara San Francisco.

Api membakar 69.000 hektare lahan di wilayah-wilayah yang terdapat kebun-kebun anggur dan tempat pembuatan minuman anggur terkenal di dunia. Kebakaran hutan ini sudah menewaskan 21 orang sejak Minggu dan lebih dari 500 orang dilaporkan hilang.

Namung, para petugas meyakini banyak orang yang dilaporkan hilang karena mereka belum menghubungi keluarga dan teman-teman. Sedikitnya 3.500 rumah dan bisnis hangus dan puluhan ribu mengungsi.

Kepala Pemadam Kebakaran Hutan California Ken Pimlott menyebut kebakaran ini sebagai peristiwa bencana besar yang serius dan genting. Dia membantu mengawasi 8.000 petugas pemadam kebakaran yang berjuang memadamkan kobaran api.

Daerah yang diterpa kebakaran ini adalah Napa dan Sonoma county, utara dari San Francisco, dimana terdapat puluhan kebun anggur yang menarik turis dari seluruh dunia.
 

(VOA /CN33 )