image

Sejumlah personel Paskhas TNI AU bersiap memasuki pesawat Hercules yang akan membawanya dari Lanud Husein Sastranegara Bandung menuju Lanud Adisutjipto Yogyakarta. (suaramerdeka.com/dok)

12 Oktober 2017 | 14:09 WIB | Suara Kedu

Ratusan Paskhas Bersenjata Lengkap Diterbangkan ke Jogja

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com -Sebanyak 228 prajurit Paskhas TNI AU bersenjata lengkap diterbangkan dari Pangkalan Udara (Lanud) Husein Sastranegara Bandung ke Lanud Adisutjipto Yogyakarta sebagai bagian dari persiapan digelarnya HUT ke-70 Korpaskhas tingkat nasional yang akan dipusatkan di Jogja, Selasa (17/10) mendatang.

"Ratusan prajurit Paskhas diterangkan dari Bandung ke Jogja menggunakan dua pesawat Hercules hari ini," tutur Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Yogyakarta Letkol Sus Giyanto, Kamis (12/10).

Menurut Giyanto, ratusan prajurit bersenjata lengkap tersebut merupakan personel yang akan terlibat dalam Upacara HUT ke-70 Korpaskhas baik sebagai parade dan defile maupun sebagai pelaku demo yang akan diselenggarakan di taxyway Lanud Adisutjipto Jogja.

Keberangkatan lebih awal ini diharapkan para prajurit dapat memanfaatkan latihan untuk berlatih dan menyamakan gerakan-gerakan baik pasukan parade dan defile maupun demo yang akan digelar. 

"Mengingat pasukan parade dan defile didatangkan dari berbagai satuan-satuan paskhas di berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga dengan latihan yang cukup para prajurit dapat tampil maksimal dihadapan undangan yang akan menghadiri kegiatan tersebut," papar Kapentak.

Rencananya, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara pada perayaan HUT ke-70 Korpaskhas. Rencananya upacara tersebut akan melibatkan prajurit berjumlah 2.000 personel yang terdiri dari parade dan defile, demo kemampuan dan demo udara dan ditambah 2 batalyon parade dan defile Lanud Adisutjipto dan karbon.

"Dan ini juga berkesan karena yang pertama kali dalam sepanjang sejarah memperingati HUT Korpaskhasau di Yogyakarta. Oleh karena itu harus dilaksanakan dan disiapkan secara baik dan maksimal, sehingga panitia harus bekerja, berkoordinasi, sekaligus mengintensipkan semua persiapan yang ada," tandas Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Novyan Samyoga.

(Gading Persada /SMNetwork /CN33 )