image

(Foto suaramerdeka.com/Agus Setiawan)

12 Oktober 2017 | 13:13 WIB | Suara Pantura

Warga Minta Pusku Jeruksari Diperbaiki

  • - Agar Tak Terendam Rob

KAJEN, suaramerdeka.com- Keberadaan Puskesmas Pembantu di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan cukup penting untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk warga di desa yang berada di wilayah pesisir Kota Santri.

Namun luapan air laut atau rob yang kerap menggenangi puskesmas pembantu tersebut menyebabkan pelayanan membuat sedikit tidak nyaman. Untuk itu, warga di sana meminta kepada pemerintah agar puskesmas pembantu untuk diperbaiki supaya tak terendam rob.

"Ya soal puskesmas pembantu di Desa Jeruksari memang sudah beberapa warga menyampaikan ke saya meminta untuk meneruskan ke pemerintah supaya puskesmas pembantu itu diperbaiki," kata Anggota Fraksi PDI P, DPRD Kabupaten Pekalongan asal Desa Jeruksari, Tirto, Kamis (12/10).

Menurutnya, meski belum ditetapkan dalam pembahasan APBD Kabupaten Pekalongan, namun perencanaannya, kata Sekretaris Komisi D DPRD tersebut sudah masuk dalam perencanaan pemerintah. Adapun nilai anggarannya sebesar Rp 400 juta. "Kemungkinan kalau tepat perencanaan, pelaksanaan akan dilaksanakan pada 2018," katanya.

Puskesmas pembantu di Desa Jeruksari tersebut berdasarkan informasi yang dia peroleh akan dibongkar, kemudian dibangun kembali, sebagai salah satu langkah supaya tidak terendam rob serta memperlancar pelayanan kesehatan di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto.

Soal pelayanan kesehatan, kata Nurkholis, merupakan hal yang mendasar. Meski sifatnya puskesmas pembantu, tapi keberadaan cukup penting untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

(Agus Setiawan /SMNetwork /CN19 )